5 Adab Bertamu Ala Rasulullah, Ternyata Mengetuk Pintu Harus Dengan Kuku

  • Whatsapp
5 Adab Bertamu Ala Rasulullah, Ternyata Mengetuk Pintu Harus Dengan Kuku
Ilustrasi: Mengetuk Pintu (Internet)

digtara.com – Bertamu adalah salah satu cara untuk memelihara dan menyambung silaturahmi. Islam memberi kebebasan kepada umatnya untuk bertamu. Namun dalam bertamu, adab bertamu, tata karma harus tetap dijaga agar tujuannya dapat terjaga.

Sebagai Muslim yang taat, di mana pun dan bagaimana pun kondisinya tentulah menjaga akhlak harus selalu dilakukan. Sebagaimana Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam contohkan dalam bertutur maupun bersikap.

Berkaitan dengan bertamu, Islam mengajarkan adab-adab yang harus dipatuhi. Adab-adab ini agar sang penerima tamu tetap merasa dihormati dan tamu tetap menjunjung sopan santun, sehingga tidak ada rasa keberatan atau bahkan senang dikunjungi.

Muat Lebih

Berikut ini adab-adab tersebut, sebagaimana dikutip dari Muslim.or.id, Minggu (9/8/2020).

 

1. Mengucapkan salam dan meminta izin ketika masuk
Di antara adab yang diajarkan Islam kepada seorang Muslim yaitu untuk mengucapkan salam terlebih dahulu dan meminta izin ketika ingin masuk. Terkadang seseorang bertamu hanya memanggil nama yang hendak ditemui atau dengan kata-kata sekadarnya.
Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam mengajarkan bahwa hendaknya seseorang saat bertamu memberikan salam dan meminta izin untuk masuk. Allah Subhanahu wa taala berfirman yang artinya:

“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu memasuki rumah yang bukan rumahmu sebelum meminta izin dan memberi salam kepada penghuninya. Yang demikian itu lebih baik bagimu agar kamu (selalu) ingat.” (QS An-Nur: 27)

 

2. Meminta Izin…

Pos terkait

Tinggalkan Balasan