Varian Baru Virus Korona Covid-19 Ditemukan di New Yor AS

  • Whatsapp
Varian Baru Virus Korona Covid-19 Ditemukan di New Yor AS
Varian Baru Virus Korona Covid-19 Ditemukan di New Yor AS (internet)

digtara.com – Varian baru virus korona (Covid-19) dilaporkan menyebar secara cepat di New York, Amerika Serikat (AS). Hal ini meningkatkan kekhawatiran warga soal efektivitas vaksin.

Dilansir dari cnbcindonesia.com, varian yang disebut B.1526 ini pertama kali ditemukan pada November 2020, di kota tersebut. Namun menjadi viral di Februari ini karena mewakili 12% dari kasus di The Big Apple.

Data ini didapat dari penelitian Columbia University Vagelos College of Physicians and Surgeons. Penelitian tambahan juga dilakukan California Institute of Technology.

Muat Lebih

Dalam penelitian Universitas Columbia, studi menunjukkan varian ini berbeda dengan Afrika Selatan (Afsel) dan Brasil. Namun, karaktertistik varian yang diberi nama B.1526 ini sama mengkhawatirkan dengan varian Afsel B.1351.

Sebelumnya varian Afsel disebut kuat terhadap vaksin, dibanding varian corona terdahulu. Varian ini memiliki mutasi E484K yang diyakini melemahkan anti bodi. Ini juga sepertinya ditemukan dalam B.1526.

Baca: Dampak Covid-19, Keberangkatan Jamaah Haji Binjai Masih Menunggu Kepastian

Sementara itu, Komisioner Kesehatan Kota New York Dr. Dave Chokshi mengatakan bahwa ilmuwan masih mencari tahu mengenai seberapa berbahayakah virus ini. Termasuk bagaimana tingkat penyebarannya.

“Ilmu pengetahuan seputar ini hanya kurang mapan dibandingkan dengan varian lain, seperti varian Inggris, yang juga kami lacak dengan sangat cermat,” kata Chokshi dikutip dari New York Daily News.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

2 Komentar