Terkait Konflik AS dan China di Laut China Selatan, Begini Sikap Indonesia

  • Whatsapp
Terkait Konflik AS dan China di Laut China Selatan, Begini Sikap Pemerintah RI
Menteri Luar negeri, Retno Marsudi.

digtara.com – Konflik yang berkepanjangan di Laut China Selatan antara Amerika Serikat dan China semakin memanas. Situasi ini menyita perhatian publik internasional. Sejumlah pejabat pemerintahan di Negara ASEAN pun angkat bicara. Terkait Konflik AS dan China di Laut China Selatan

Indonesia, melalui menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, menyerukan kepada Amerika Serikat dan China untuk meredam konflik di Laut China Selatan. Hal ini dimaksudkan untuk menciptakan stabilitas di kawasan Asia Tenggara (ASEAN).

“Indonesia meminta semua negara untuk menahan diri dari tindakan yang dapat meningkatkan ketegangan di wilayah tersebut,” katanya dalam konferensi pers virtual di Jakarta, Kamis (9/7/2020).

Muat Lebih

Menurut Retno, di tengah pandemi Covid-19 ini, seharusnya yang dipentingkan adalah upaya kolektif global untuk memerangi virus.

“Indonesia menggarisbawahi pentingnya semua negara untuk berkontribusi menjaga perdamaian dan stabilitas di Laut China Selatan,” imbuhnya.

Baca: Bentrok dengan China, India Kerahkan Sistem Rudal di Perbatasan

Selain itu, Retno menegaskan jika Indonesia tetap konsisten dalam menyerukan semua negara untuk menghormati hukum internasional, khususnya UNCLOS 1982.

Diketahui China mengklaim sebagian besar wilayah Laut China Selatan. Sementara AS berpatroli sambil menegaskan bahwa Laut China Selatan merupakan area bebas navigasi.

Baca:

Retno kembali menegaskan bahwa Indonesia tidak akan pernah mengakui klaim China terhadap Laut China Selatan. Sebab, klaim China tersebut fiktif dan ilegal karena tidak sesuai dengan hukum internasional yang berlaku.

Menurut Retno, keputusan Indonesia menolak klaim China sudah sesuai dan menghormati hukum internasional, khususnya UNCLOS 1980.

 

Saksikan video-video terbaru lainnya hanya di Channel Youtube Digtara TVJangan lupa, like comment and Subscribe.

Terkait Konflik AS dan China di Laut China Selatan, Begini Sikap Pemerintah RI

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

2 Komentar