Perdana Menteri Lebanon Hassan Diab Mengundurkan Diri

  • Whatsapp

digtara.com – Perdana Menteri Lebanon, Hassan Diab, mengumumkan pengunduran diri pemerintahnya pada Senin (10/8/2020). Dia mengatakan, ledakan mengerikan yang menghancurkan Beirut dan memicu kemarahan publik adalah hasil dari korupsi yang endemik. Perdana Menteri Lebanon Hassan Diab Mengundurkan Diri

Melansir Reuters, menurut pihak berwenang, ledakan pada 4 Agustus di gudang pelabuhan yang menyimpan lebih dari 2.000 ton amonium nitrat.

Ledakan tersebut menewaskan sedikitnya 163 orang, melukai lebih dari 6.000 orang dan menghancurkan sebagian besar ibu kota Mediterania.

Ledakan ini semakin memperparah kehancuran politik dan ekonomi di negara itu selama berbulan-bulan.

Pengunduran diri disampaikan langsung Perdana Menteri Hassan Diab dalam pidato seperti yang dikutip Reuters.

“Hari ini kami mengikuti keinginan rakyat dalam tuntutan mereka. Untuk meminta pertanggungjawaban mereka yang bertanggungjawab atas bencana yang telah bersembunyi selama tujuh tahun,” katanya.

Baca: Ledakan Besar Hantam Lebanon, Puluhan Meninggal, Ribuan Luka

Dia menyalahkan bencana itu pada korupsi endemik dan mengatakan mereka yang bertanggung jawab harus malu karena tindakan mereka telah menyebabkan bencana “tak terlukiskan”.

“Saya katakan sebelumnya bahwa korupsi berakar di setiap tuas negara, tetapi saya telah menemukan bahwa korupsi lebih besar daripada negara,” katanya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan