Muncul Wabah Baru di China, Satu Desa Langsung Diisolasi

  • Whatsapp
Wabah bubonic diketahui pernah menyebabkan pandemi paling mematikan
Ilustrasi (internet)

digtara.com – Belum habis wabah virus Korona Covid-19, kini muncul wabah baru, wabah Bubonic atau Pes, di China. Muncul Wabah Baru di China, Satu Desa Langsung Diisolasi

Akibatnya, pemerintah China telah mengisolasi sebuah desa di wilayah otonomi Mongolia Dalam setelah salah satu warganya meninggal dunia akibat terinfeksi wabah tersebut.

Melansir CNN, Jumat (7/8/2020), Komisi Kesehatan Wilayah Baotou mengungkapkan, kematian akibat wabah bubonic tersebut dilaporkan oleh otoritas setempat pada Minggu pekan lalu. Pasien tersebut merupakan warga Desa Suji Xincun, Distrik Damao Banner.

Muat Lebih

Pasien dilaporkan meninggal setelah mengalami kegagalan sistem sirkulasi. Kasus bubonic ini menjadi yang kedua yang dikonfirmasi oleh pihak berwenang China tahun ini.

Komisi Kesehatan Baotou tak menjelaskan bagaimana pasien terpapar oleh wabah tersebut.

Demi menghindari penyebaran penularan wabah bubonic, otoritas setempat segera mengisolasi Desa Suji Xincun dan memerintahkan agar dilakukan pembersihan dan desinfeksi seluruh rumah dan bangunan di desa itu.

Sejauh ini, Komisi Kesehatan Baotou telah memeriksa seluruh warga Desa Suji Xincun dan hasilnya dinyatakan negatif wabah bubonic.

Karantina Mandiri

Sebanyak sembilan warga desa yang pernah menjalin kontak dekat dengan pasien meninggal dan 26 warga lainnya yang pernah menjalin kontak telah menjalani karantina mandiri.

Sementara itu, pemerintah Damao Banner telah menetapkan wilayah pada level siaga 3 terkait pencegahan penularan wabah sampai akhir 2020.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan