Mantan Presiden Argentina Carlos Wafat

  • Whatsapp
Mantan Presiden Argentina Carlos Wafat
(internet)

digtara.com – Mantan Presiden Argentina Carlos Menem meninggal dunia pada Minggu, 14 Februari 2021. Kabar duka itu dikonfirmasi putrinya, Zulema Menem. Carlos Menem berpulang di usia 90 tahun. Mantan Presiden Argentina Carlos Wafat

Menem mulai menjabat sebagai Presiden Argentina pada Juli 1989 dan mempromosikan undang-undang untuk mereformasi pemerintahan dan ekonomi setelah pendahulunya, Raul Alfonsin, yang mengundurkan diri di tengah krisis keuangan yang parah yang disebabkan oleh hiperinflasi.

Salah satu yang dilakukan Menem saat itu adalah memprivatisasi beberapa perusahaan yang sampai saat itu berada di bawah otoritas negara dan mampu mengendalikan inflasi.

Muat Lebih

Menem meninggalkan jabatannya pada 1999 setelah gagal mencoba mengubah konstitusi untuk mencalonkan diri untuk masa jabatan ketiga.

Dia mencalonkan diri lagi untuk kursi kepresidenan pada tahun 2003, memperoleh persentase suara tertinggi selama putaran pertama pemilihan, tetapi akhirnya memutuskan untuk tidak maju ke putaran kedua.

Ia tetap aktif dalam politik dengan menjadi senator di Partai Justicialis yang mewakili provinsi La Rioja dari tahun 2005 hingga 2019. Ia kemudian bergabung dengan koalisi Peronis yang disebut “Front of All” dan terpilih kembali untuk masa jabatan lain hingga 2023.

Menem memiliki tiga anak dengan istrinya Zulema Yoma, sebelum pasangan itu bercerai pada 1991. Dia kemudian menikah dengan pembawa acara TV Chili dan aktris Cecilia Bolocco. Ia memiliki satu anak dari pernikahan tersebut. Pernikahan dengan Bolocco berakhir 10 tahun kemudian.

Presiden Argentina, Alberto Fernández menetapkan tiga hari berkabung nasional mulai hari Minggu untuk menghormati Menem seperti dikutip dari VIVA.

[ya]  Mantan Presiden Argentina Carlos Wafat

Saksikan video-video terbaru lainnya hanya di Channel Youtube TVDigtaraJangan lupa, like comment and Subscribe.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan