Kita Tak Sendiri! Peneliti Buktikan Keberadaan ‘Alien’ di Planet Venus

  • Whatsapp
Kita Tak Sendiri! Peneliti Buktikan Keberadaan 'Alien' di Planet Venus
Kita Tak Sendiri! Peneliti Buktikan Keberadaan 'Alien' di Planet Venus (Dok: Nasa/JPL-Caltech)

digtara.com – Penelitian terbaru soal antariksa menemukan fakta baru. Bahwa kemungkinan ada makhluk hidup seperti Alien di Planet Venus.  Peneliti Buktikan Keberadaan ‘Alien’ di Planet Venus

Ini terjadi pascapeneliti menemukan atmosfer Venus mengandung jejak gas fosfin. Di Planet Bumi, ini dikaitkan dengan keberadaan organisme hidup.

Penelitian dilakukan tim ahli dengan menggunakan teleskop di Hawaii, AS, dan Gurun Atacama, Chile, untuk mengamati 60 kilometer (45 mil) permukaan Venus. Mikroba mungkin jadi penghuni planet tetangga itu.

Muat Lebih

“Saya sangat terkejut – sebenarnya,” kata astronom Jane Greaves dari Universitas Cardiff di Wales, penulis utama penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nature Astronomy dikutip Reuters, Selasa (15/9/2020).

“Dengan apa yang saat ini kita ketahui tentang Venus, penjelasan yang paling masuk akal untuk fosfin- walaupun kedengarannya fantastis-adalah (ada) kehidupan,” kata peneliti lain, ahli astrofisika molekuler Institut Teknologi Massachusetts dan rekan penulis studi Clara Sousa-Silva.

“Jika itu fosfin dan jika itu kehidupan, berarti kita tidak sendiri. Itu juga berarti bahwa kehidupan itu sendiri pasti sangat umum, dan pasti ada banyak planet berpenghuni lain di seluruh galaksi kita,” katanya lagi.

Gambar molekul fosfin di atmosfer Planet Venus. Di Bumi, dan sejauh yang diketahui para ilmuwan, fosfin hanya dapat diproduksi oleh mikroba atau buatan di laboratorium. Penelitian terbaru soal antariksa menemukan fakta baru. Bahwa kemungkinan ada makhluk hidup seperti Alien di Planet Venus. Dok: ESO/ M.Kornmesser/L. Calçada/NASA

Baca: Ketika NASA Berencana Kirim Astronot ke Luar Angkasa untuk Salat Tahajud

Penelitian Lanjutan

Walau demikian peneliti menegaskan harus ada penelitian lanjutan. Keberadaan fosfin saja tak serta merta membuktikan secara valid kalau ada kehidupan di Venus.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan