Gletser Himalaya Longsor, 130 Orang Diperkirakan Tewas

  • Whatsapp
himalaya
Gletser di pegunungan Himalaya longsor

digtara.com – Sekitar 130 orang dikhawatirkan tewas di India utara setelah gletser di pegunungan Himalaya longsor dan menyebabkan gelombang air berkecepatan tinggi hingga menyapu sebuah bendungan dan merusak infrastruktur lainnya.

Misi penyelamatan mulai menemukan banyak mayat yang hanyut ketika gelombang air, lumpur, dan batu menyapu jurang sempit di distrik Chamoli, di negara bagian Uttarakhand, Himalaya. Tujuh mayat ditemukan kemarin malam, tetapi 125 orang lainnya masih hilang seperti dikutip TheGuardian.com, Senin (8/2/2021).

Menurut komisi manajemen krisis nasional (NCMC) India, banjir di sepanjang lembah Himalaya disebabkan oleh gletser gunung yang sebagian pecah ke sungai Rishiganga. Akibatnya, terjadi kenaikan dramatis permukaan air di bagain hulu.

Beberapa orang mengatakan insiden itu menunjukkan dampak yang semakin besar dari krisis iklim setelah survei tahun 2019 menemukan bahwa gletser Himalian mencair dengan “kecepatan yang mengkhawatirkan”.

Para aktivis dan penulis lokal juga menyalahkan pembangunan yang intensif di sepanjang sungai Uttarakhand dan kawasan pegunungan.

Akibatnya, kestabilan wilayah Himalaya yang secara ekologis terganggu mengakibatkan peristiwa cuaca yang lebih ekstrem.

Ada 550 proyek bendungan dan pembangkit listrik tenaga air di negara bagian Uttarakhand dengan 152 proyek bendungan besar. Lokasinya berada di daerah yang terkena banjir bandang kemarin.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan