Warga Antusias Ikut Swab Gratis

Digtara.com

Untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 dan memberikan edukasi kepada masyarakat, Fakultas kedokteran Universitas Sumatera Utara (USU), bekerjasama dengan berbagai pihak melaksanakan swab gratis,dijalan Ismailiyah kota Medan, pada hari Kamis (17/12/2020).

 

Muat Lebih

Koordinator Lapangan, dr M Ichwan, mengatakan, kegiatan ini dalam rangka pengabdian kepada masyarakat dari USU, lalu didukung dari Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat, Dinas Kesehatan Kota Medan, Asosiasi Atepologi Indonesia, Puskesmas, BNPD dan juga Satgas Covid-19.

Kegiatan ini dilakukan untuk menjaring, kasus Covid-19 yang ada dimasyarakat terkhusus pada Orang Tanpa Gejala(OTG). Para pasien yang nantinya terkonfirmasi positif  akan dilakukan pendampingan ataupun dirujuk ke rumah sakit dengan koordinasi pihak puskesmas.

 

Swab Gratis ini mendapatkan antusias warga yang cukup tinggi. Sekitar 80 orang warga yang hadir dalam kegiatan ini. Masyarakat yang datang wajib menggunakan masker serta menaati protokol kesehatan dengan menjaga jarak.

 

Satu persatu warga yang telah melakukan registrasi data dipanggil untuk mengambil sampel darah dan lendir dari hidung. Untuk kegiatan ini, penyelenggara menyatakan akan berlangsung hingga 12 Januari 2021 mendatang.

 

 

Salah seorang warga yang mengikuti swab gratis mengatakan cukup terbantu atas kegiatan ini dikarenakan biaya untuk melakukan uji swab relatif mahal. Dirinya juga mengatakan tidak merasa takut ketika melakukan swab namun dirinya berharap hasilnya negatif.

 

 

Usai mengikuti swab test gratis, masyarakat diperbolehkan pulang ke rumah. Dan hasil pemeriksaan akan dikabarkan 2 hari setelah pemeriksaan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan