Kuliner Ramadan Khas Mami Evi, Krecek Jogja Bumbu Padang di Sayang Suami

(Ibu Evi Agus Andrianto)

digtara.com – Mengisi waktu dengan keluarga tak harus sahur atau berbuka puasa di luar rumah. Ditengah pandemi Covid-19, memanjakan suami dan keluarga dapat dengan masakan ala rumahan.

Ingat, yang harus diperhatikan bumbu masakan yang digunakan, tapi itu bisa dikreasikan dengan keinginan masing-masing, terpenting rasa masakannya tetap dijaga.

Kali ini, menu berbuka puasa khas Mami Evi Agus Andrianto yakni Krecek Jogja Bumbu Padang plus Ikan Teri Medan.

Muat Lebih

Seperti dalam postingan insta storynya @viigus. “Ketemu lagi dengan saya Mami Evi, saya mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa bagi yang berpuasa. Kemarin dah masak Gudeg sekarang kita masak Krecek ala Jogya juga,” katanya, Rabu (29/4/2020).

Tapi, untuk Krecek ini tidak kering, Evi akan memasak Krecek yang akan berkuah. Karena ini Krecek rumahan versi Mami Evi, maka akan memasak Krecek yang basah. “Saya suka yang basah-basah,” sebutnya.

Hampir sama dengan memasak gulai bumbunya digiling. Lanjut Mami Evi, bumbu yang digunakan yakni bawang merah, kemiri, bawang putih, kunyit. Tapi untuk dedaunan seperti sere, jeruk laos, jahe dan salam itu digeprek biar aromanya keluar.

“Namanya masakan rumahan, boleh juga digiling tergantung selera ibu-ibu. Saya sukanya banyak bumbu karena bagus untuk kesehatan. Jangan orang saja yang wangi, tapi masakan juga wangi,” akunya.

Istri jenderal Bintang Tiga

Bumbu lainnya, santan kental dan kacang merah juga untuk menambah nikmat masakan. Tapi kacang merahnya harus terlebih dahulu di rendam agar nanti mengembang saat dimasak.

Masakan rumahan ala mami Evi ini bisa disesuaikan dengan kreasi ibu-ibu. Yuk mulai memasak.

Pertama kata istri Kabaharkam Polri Komjen Agus Andrianto, masukkan santan kental di kuali yang panas, setelah santan mendidih lalu masukkan bumbu padang yang sudah dihaluskan.

“Saya tidak lagi menggunakan minyak dengan menumis. Santan itu sudah mengeluarkan minyak, tapi silahkan kreasikan dengan ide masing-masing,” jelasnya.

Ingat, santan kental tidak boleh ditinggal, harus terus di aduk agar tidak terjadi pecah santan.

Lanjut Wanita kelahiran Sumatera Utara, kemudian masukkan bumbu dedaunan seperti daun sere, jeruk, salam dan laos. Untuk masakan ini Evi pakai gula merah (aren), tambahkan sedikit garam dan gula merah.

Kemudian masukkan kacang merah yang sudah ditiriskan, tunggu sampai mateng lalu masukkan ikan teri medan dan cabai rawit. “Tunggu sampai menyatu dan ikan teri mateng. Lalu masukkan Krecek dan aduk,” ucap Mami Evi.

Masakan pun siap dihidang untuk suami dan keluarga tercinta. Ingat, masakan juga merupakan kearifan lokal. Untuk melihat lebih lanjut, ikuti instagram Mami Evi.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan