Yamaha, Honda, Piaggio dan KTM Bersatu Produksi Baterai Sepeda Motor Listrik

  • Whatsapp
ilustrasi

digtara.com – Pabrikan sepeda motor Jepang, Honda dan Yamaha menandatangani nota kesepahaman dengan produsen sepeda motor Eropa Piaggio (Italia) dan KTM (Finlandia) untuk mengembangkan baterai sepeda motor.

Keempat pabrikan sepeda motor ini akan membentuk konsorsium untuk menghadirkan sel daya listrik tukar pakai atau swappable. Yaitu bisa digunakan bersama untuk kebutuhan sepeda motor listrik, moped, becak, sampai sepeda quad.

Perusahaan-perusahaan berbagai brand itu berharap bisa menetapkan standar teknis internasional lewat kerja sama dengan pemerintah dan pemangku kepentingan lainnya.

Muat Lebih

“Upaya elektrifikasi di seluruh dunia untuk mengurangi CO2 dalam skala global semakin cepat, terutama di Eropa,” kata Noriaki Abe, pejabat pengelola operasi sepeda motor Honda, dikutip dari Carscoops.

Penggunaan sepeda motor listrik yang saat ini semakin meluas. Untuk itu, masalah seperti jarak perjalanan dan waktu pengisian daya perlu diatasi.

“Baterai yang dapat ditukar adalah solusi yang menjanjikan,” ungkapnya.

Seiring skala efisiensi untuk perusahaan, para pabrikan berpendapat bahwa memiliki sistem baterai standar di banyak merek dan banyak pasar juga akan lebih nyaman bagi pelanggan.

Dengan demikian, tidak perlu lagi melakukan pengembangan banyak baterai untuk kendaraan yang berbeda.

Dan sebagai catatan, kerja sama ini bukan yang pertama ditandatangani Honda dan Yamaha. Sekitar setahun yang lalu, keduanya berkomitmen untuk bekerja sama dengan Kawasaki dan Suzuki untuk pembuatan baterai swappable standar di Universitas Osaka.

Memorandum terbaru ini dinilai akan memiliki implikasi yang lebih besar di luar Jepang.

“Saya yakin pembentukan konsorsium ini sangat penting tidak hanya bagi Eropa tetapi juga dunia,” kata Takuya Kinoshita, Pejabat Eksekutif Yamaha. (suara)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

1 Komentar