Warga Batahan Madina, Curhat Kepada Menteri BUMN Terkait Klaim Lahan PTPN-IV

Senin, 10 Januari 2022 11:02
ist
Meneg BUMN Erik Thohir

digtara.com – Masyarakat Kecamatan Batahan, Kabupaten Mandailing Natal (Madina) Provinsi Sumatera Utara menyampaikan aspirasi kepada Menteri Badan Usaha Milik Negara Republik Indonesia (BUMN RI), Erick Thohir terkait masalah lahan warga dan PTPN IV, Senin (10/12/2022).

Aspirasi warga Batahan tersebut disampaikan langsung oleh Ketua Koperasi unit Desa (KUD) Produsen Bina Mufakat Baru, Afnan didampingi Pengawas KUD Sudarmaji, Swandi Batubara serta penasehat hukum KUD, Ali Sumurung, S.H, dihadapan Menteri BUMN Erick Thohir pada acara bertopik Peranan BUMN Dalam Kebangkitan Sumatra Utara Pasca Pandemi Covid-19, di Medan pada minggu (9/1/2022).

“Saya selaku ketua Koperasi Unit Desa Produsen Bina Mufakat Baru ( KUD P BMB ) desa Batahan, datang dari jauh mohon kepada Bapak Mentri BUMN H Erick Thohir, B.A, M.B.A mohon agar memfasilitasi terjalinnya kemitraan yang baik antara masyarakat yang diwadahi KUD P B MB dengan saling menguntungkan santun dan bermartabat,” kata Afnan.

Afnan melanjutkan, terkait Perusahaan BUMN di Madina Pantai Barat PT. PN-IV yang sudah menjalankan aktifitas berkebun pokok kelapa sawit diatas tanah warga trans swakarsa mandiri (TSM) yang berjumlah 363 KK yang sudah diperjuangan dengan berswadaya dari tahun 2007 sampai hari ini seiring masuknya PTPN-IV di daerah tersebut.

“Namun belum terwujut walaupun program TSM oleh negara tahun anggaran 1997/1998 dan sampai hari ini belum bisa dikuasai masyarakat karena diklaim oleh PT.PN-IV” Katanya.

Diujung penyampaian aspirasi ketua KUD P BMB didampingi anggota Swandi Batubara dan pengawas Sudarmaji menyerahkan surat yang ditujukan kepada Menteri BUMN yang diterima langsung dihadapan Menteri BUMN, Erick Thohir.

Laman: 1 2

Berita Terkait