UKW di Medan Berakhir, 7 Peserta Belum Kompeten

Rabu, 22 Desember 2021 14:05
hadi
Ketua PWI Sumut H Farianda Putra Sinik menutup pelaksanaan UKW di Medan, Rabu (22/12/2021)

digtara.com – Sebanyak 7 dari 60 peserta dinyatakan belum kompeten saat Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di Medan yang berakhir Rabu (22/12/2021) siang.

Ketua PWI Sumut Farianda Putra Sinik menegaskan hasil tersebut sudah cukup baik karena persentase kelulusannya masih bagus.

“Saya sangat senang, 87 persen lulus. Di beberapa UKW banyak yang dibawah itu. Bahkan ada yang pesertanya 12 yang lulus hanya 6,” ungkap Farianda dalam sambutannya di akhir acara UKW angkatan ke-38 itu.

Ia menegaskan keinginan agar wartawan anggota PWI profesional dan berintegritas.

Salah satu caranya melalui UKW. Ia menegaskan tidak mencampuri atau intervensi pada penguji.

Bagi yang tidak lulus, Farianda berharap agar tidak patah semangat. “Gapapa, namanya ujian. bukan berarti tamat. Kita harus belajar dimana kekurangan kita. Itu kita ulang-ulang,” tuturnya.

“Tidak tau darimana dan bagaimana caranya, mudah-mudahan bulan 2 atau 3 kita buat lagi. Yang penting semangat,” tegas Farianda.

Kepada Dewan Pers yang diwakili Wakil Ketua Hendri CH Bangun, Farianda mengucapkan terimakasih atas dipilihnya Sumut menjadi pelaksana UKW.

“Ini hadiah akhir tahun dari dewan pers untuk Sumut,” ujar Farianda.

Yan Aswika, peserta dari Asahan mengaku banyak mendapatkan ilmu di acara UKW ini.

“Selama ini di jenjang muda masih banyak kekurangan. Setelah masuk ke jenjang madya kita banyak memperoleh ilmu,” ungkap peserta UKW jenjang madya itu.

Ia mengucapkan terimakasih kepada penguji, dewan pers yang telah memberikan kesempatan
untuk meningkatkan status.

“Ini suatu kebanggaan bagi kami. Tolong bimbing kami agar menjadi wartawan yang kompeten dan sesuai standar dewan pers, ” tegasnya.

Berita Terkait