Singapura Tuduh Ustaz Abdul Somad Radikalisasi Remaja Singapura yang Ditangkap pada 2020

Selasa, 24 Mei 2022 22:00
int
Ustaz Abdul Somad

digtara.com – Pemerintah Singapura akhirnya mengungkap alasan mengusir Ustaz Abdul Somad (UAS) dari negaranya. UAS ternyata dituding telah mempengaruhi remaja Singapura lewat video-video kajiannya di internet.

Menteri Dalam Negeri Singapura, K. Shanmugam dalam jumpa pers Senin (23/5/2022) mengatakan, pihaknya memang memantau Abdul Somad setelah beberapa orang yang diperiksa oleh pihak berwenang terkait radikalisasi mengaku mendapat inspirasi dari dai kelahiran Sumatra Utara itu.

Salah satunya adalah seorang remaja Singapura berusia 17 tahun yang ditangkap pada Januari 2020 lalu. Remaja itu bercerita ia menonton kajian Abdul Somad di Youtube tentang bom bunuh diri dan mengaku mulai percaya bahwa pengebom bunuh diri adalah syahid

“Kotbah-kotbah Somad berdampak di dunia nyata,” kata Shanmugam.

Baca Juga:
Seruan Boikot Singapura Menggema di Medsos, Apa Dampaknya Bagi Indonesia?

Penjelasan Shanmugam ini merupakan buntut dari insiden ditolaknya Abdul Somad masuk wilayah Singapura pada 16 Mei 2022 kemarin. Ketika itu sang dai hendak masuk ke Singapura via Batam.

Akibat penolakan itu, muncul kontroversi di Indonesia. Para pendukung Abdul Somad mengecam Singapura atas pengusiran tersebut. Bahkan mereka menggelar demonstrasi di depan Kedutaan Besar Singapura di Jakarta pada 20 Mei kemarin. Mereka menuntut Singapura meminta maaf.

Laman: 1 2

Berita Terkait