Sengketa Tanah di Alor Marak, Polres Pererat Sinergitas APH dan BPN

Kamis, 06 Januari 2022 14:00

digtara.com – Perkara sengketa tanah di wilayah Kabupaten Alor sangat tinggi dan berpotensi mengakibatkan peningkatan ganguan Kamtibmas di beberapa wilayah Kabupaten Alor.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Kapolres Alor AKBP Agustinus Christmas, SIK menggagas diskusi terkait optimalisasi sinergitas Criminal Justice System (CJS) dengan kantor Pertanahan Kabupaten Alor.

Terobosan ini dilakukan untuk.
Diskusi pada Kamis (6/1/2022) di aula Bharadaksa Polres Alor membahas penanganan permasalahan pertanahan dihadiri Kepala kantor pertanahan kabupaten alor, ketua Pengadilan Negeri Kalabahi dan Kejaksaan Negeri Alor.

Diskusi tersebut membahas permasalahan penanganan perkara tindak pidana umum yang obyeknya berupa tanah maupun sengketa tanah yang sering terjadi di tengah kehidupan masyarakat Kabupaten Alor.

Diskusi juga membahas indikasi apa saja dalam praktek mafia tanah yang dimungkinkan dapat membuat runyam saat perkara sengketa tanah tersebut diproses akibat adanya pengaburan informasi yang dilakukan oleh oknum mafia tanah sehingga menyebabkan human error saat penetapan keputusan yang dilakukan petugas di lapangan.

Untuk itu dalam diskusi tersebut semakin jelas tersampaikan oleh aparat penegak hukum dan kantor pertanahan terkait permasalahan yang dialami saat penanganan perkara sengketa tanah.
Juga kendala – kendala yang dihadapi saat penanganan perkara sengketa tanah dari ke empat institusi tersebut.

Laman: 1 2 3

Berita Terkait