Rumah Dekat Kantor Desa, Tapi Tak Terdaftar di Pilkades, Puluhan Emak-emak di Langkat Geruduk TPS

Minggu, 19 Juni 2022 16:30
Puluhan emak-emak dan warga lain protes di TPS karena tidak terdaftar sebagai pemilih. (ist)

digtara.com – Puluhan emak-emak warga Desa Paluh Manis, Kecamatan Gebang, Kabupaten Langkat menggelar aksi protes ke TPS 4, tempat berlangsungnya pencoblosan Pilkades, Minggu (19/6/2022).

Kedatangan puluhan warga yang didominasi kaum ibu-ibu ini untuk memprotes kepada panitia Pilkades lantaran mereka tidak diberikan hak suara dalam Pilkades kali ini.

Sebab, mereka dilarang menggunakan hak suaranya dengan alasan tidak terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk pemilihan kepala desa (Pilkades) di Desa Paluh Manis, Kecamatan Gebang, Kabupaten Langkat.

“Mengapa kami tidak didaftar tempo hari, kami berdomisili hanya 200 – 350 meter dari kantor desa dan TPS 4, dan kami punya KTP serta KK Desa Paluh Manis. Ini kami satu keluarga 27 orang pemilih, belum lagi warga yang lainnya,” kata Retno Kumala Dewi, salah seorang dari 27 warga yang datangi TPS 4 yang berada telat disamping Kantor Desa Paluh Manis.

Melihat ada aksi protes dari warga, personel Polsek Gebang dibantu Polres Langkat yang sudah siaga di Kantor Desa Paluh Manis, langsung mengamankan situasi.

Setelah situasi mulai kondusif, pencoblosan dan penghitungan suara Pilkades kembali berlangsung.

Laman: 1 2

Berita Terkait