Ponpes Ulumul Quran Peringati Haul 7 Tahun H. Rustam Efendi, Begini Tanggapan Afandin

Sabtu, 19 November 2022 20:57

Digtara.com – Plt Bupati Langkat H. Syah Afandin SH menghadiri tabligh akbar, hafizatul qur’an dan launching buku biografi Buya H. Rustam Efendi, di Gedung MABMI Langkat, Stabat, Sabtu (19/11/22).

Giat ini gelar Pondok Pesantren Ulumul Quran Stabat dalam rangka memperingati Haul Al Maghfurlah Almarhum Ustadz H Rustam Efendi ke-7 tahun.

Plt. Bupati Langkat melaunchingkan buku Almarhum H Rustam Efendi serta menyerahkan bantuan pribadi sebesar Rp10 juta, sekaligus menyerahkan uang bantuan dari sumbangan para alumni Rp10 juta  kepada istri Almarhum Ustad H Rustam Efendi, yakni Hj Zunaidah SPdI.

Afandin memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan tersebut. Dirinya mengajak untuk memberikan hadiah bacaan al fatihah kepada Almarhum H Rustam.

Menurutnya mengenang jasa salah seorang putra terbaik yang pernah turut mengharumkan nama baik Kabupaten Langkat, khususnya di bidang permusabaqohan tilawatil Qur’an suatu hal yang wajar dan harus.

“Ini kegiatan pantas dan wajar dilaksanakan untuk mengenang jasa seorang yang pernah memberikan banyak ilmu kepada kita,” ungkapnya.

Sembari berpesan kepada para alumni Ulumul Quran dan khususnya keluarga Almarhum, untuk senantiasa mengamalkan dan meneruskan kebiasaan-kebiasaan Almarhum, sehingga amal jariyahnya terus mengalir.

Terkait launching buku untuk mengenang Almarhum H Rustam Efendi, Afandin ingin pihak bersangkutan serius mengembangkannya, agar dapat di baca oleh semua kalang masyarakat.

Ketua Panitia,  Ustadz Khairil Efendi SAg menyampaikan Ustad Rustam Efendi ialah sosok yang lahir di Langkat dan beliau adalah figur panutan yang luar biasa di mata para alumni Ulumul Qur’an stabat.

Sehingga pihaknya berkeinginan untuk membuat buku tentang beliau pada edisi I. Data dalam buku merupakan kumpulan catatan-catatan dari para alumni dan teman-teman beliau semasa hidupnya.

“Alhamdulillah berkat kerja keras tim, kami berhasil untuk menjadikan sebuah buku dengan 202 halaman yang merupakan rangakaian-rangkaian para alumni dari tahun 1989-1999 yang di sebut edisi pertama,” paparnya.

“Dana pembuatan buku ini mutlak semua sumbangan dari para alumni yang sayang dan cinta kepada  Almarhum Rustam Efendi,” tambahnya.

Kedepan, sebut Khairil Efendi, panitia akan kembali menerbitkan edisi II. Dengan mengumpulkan data dari para alumni 2000 sampai 2015, sampai pada saat akhir hayat Ustadz Rustam Efendi.

Besar harapannya, buku tersebut dapat menjadi referensi semua kalangan. Almarhum adalah sosok yang tidak hanya pernah membawa nama Langkat saja, juga pernah membawa nama Provinsi Sumatera Utara ke kanca nasional.

Acara tabligh akbar ini dihadiri banyak pejabat di jajaran Pemkab Langkat, Forkopimda dan anggota DPRD Langkat, serta para tokoh agama, para alumni dan hadirin lainnya.