Pemko Binjai Ikuti Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah oleh Kementerian Dalam Negeri

Senin, 14 November 2022 18:10

 

 

Digtara.com – Jajaran Asisten Setdako Binjai ikuti Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah yang dipimpin oleh Wakil Menteri Dalam Negeri John Wempi Wetipo secara daring di Binjai Command Center, Senin (14/11/22).

Hadir dari Kota Binjai dalam rapat tersebut Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Ernawati, SH., M.AP., Plt. Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Chairin Simanjuntak, S.Sos., MM, Asisten Bidang Administrasi Umum Drs. Meidy Yusri, Staf Ahli Wali Kota Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik Dr. Harimin Tarigan, S.SiT., S.IP., MH.MM., Kapolsek Binjai Kota Kompol Guntur, Kabag Perekonomian Setdako Binjai Andi Affandi.

Rapat yang turut dihadiri oleh Gubernur, Bupati/Walikota se-Indonesia itu sudah dilakukan keempat kalinya oleh Kementerian Dalam Negeri sebagai upaya dalam mengendalikan Inflasi Daerah.

Wakil Menteri Dalam Negeri, John Wempi Wetipo dalam rapat tersebut menyampaikan bahwa di bulan Oktober tahun 2022, terjadi deflasi 0,11% sehingga secara year on year angka inflasi nasional mengalami kenaikan menjadi 5,71%. Komoditas penyumbang terbesar inflasi adalah beras, bahan bakar, rumah tangga, rokok filter, dan lauk pauk.

“Oleh karena itu, diharapkan Pemerintah Daerah (Pemda) dapat melakukan Langkah yang konkrit dalam pengendalian inflasi daerah di masing-masing tempat,”ucapnya. “Pemda harus bekerjasama dengan Badan Urusan Logistik (Bulog) dalam rangka menetralisirkan harga,” tambahnya.

John Wempi Wetipo menjelaskan, bahwa sebagian besar harga barang kebutuhan pokok ditanggal 11 November 2022 berada dalam kondisi yang stabil.

“Mulai dari tanggal 11 November 2022 terjadi penurunan harga yang signifikan jika dibandingkan pada bulan lalu dan minggu lalu, kecuali bawang merah dan kedelai,” ungkapnya.