Pemkab Madina Gandeng Polda Sumut Berantas Tambang Emas Ilegal

Senin, 13 Juni 2022 16:36

digtara.com – Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal (Pemkab Madina) gandeng Polda Sumatera Utara membentuk tim khusus untuk memberantas tambang emas ilegal yang semakin marak.

Pembentukan Tim khusus tersebut merupakan hasil dari rapat kordinasi yang dilakukan di ruang Catur Prasetia, Polda Sumut, Senin (13/6/2022)

Bupati Madina HM Jafar Sukhairi Nasution mengatakan, Forkopimda Kabupaten Madina sepakat membentuk tim khusus untuk memberantas penambangan emas ilegal dan melakukan pemulihan lingkungan yang sudah tercemar.

“Tim ini akan segera bekerja untuk memberikan sosialisasi lebih awal bagaimana para penambang emas tanpa izin ini menghentikan kegiatannya,” ucapnya kepada wartawan.

Jafar menambahkan, pemulihan lingkungan yang sudah tercemar pihaknya akan memberikan pemahaman terhadap masyarakat dengan mereklamasi kembali.

Jafar menyebut, pihaknya sudah mendata adanya ribuan titik di wilayah Kabupaten Mandina yang menjadi tempat penambangan emas ilegal.

“Penggunaan merkuri dan sianida tentu ini bagian dari tugas tim untuk melakukan penyuluhan tentang bahayanya ini,” ucapnya lagi.

Laman: 1 2

Berita Terkait