Pemberitaan Miring Soal Kades Aek Tinga, Pemdes dan Warga: Tidak Sesuai Fakta!

Senin, 15 November 2021 08:00
ist
Dari kiri ke kanan, Ketua BPD Desa Aek Tinga, Ali Usman Hasibuan, Sekretaris Desa Aek Tinga periode 2017 - sekarang, Muammar Khadafi dan Mantan Sekretaris Desa Aek Tinga periode 2003-2016, Firman Soleh

digtara.com – Forum Pemerintahan Desa (Pemdes) dan Warga Masyarakat Desa Aek Tinga, Kecamatan Sosa, Kabupaten Padang Lawas, Provinsi Sumatera Utara, menyampaikan bantahan atas pemberitaan yang menyudutkan kepala desa mereka. Hal ini terungkap dalam hak jawab dan koreksi yang disampaikan pada media, kemarin.

“Kami sebagai bagian dari warga masyarakat setempat yang berdomisili di Desa Aek Tinga sangat merasa resah dan sangat berkeberatan atas pemberitaan yang diterbitkan oleh media online dari Pekanbaru, Riau dan media online dari Jakarta,” ujar Ali Usman Hasibuan, Ketua BPD Desa Aek Tinga, kepada wartawan Minggu (14/11/2021)

“Sejauh ini, kami sebagai bagian dari Pemerintahan Desa Aek Tinga sangat berkeberatan dengan materi dari pemberitaan miring tersebut, yang secara sepihak menyudutkan kinerja Kepala Desa Aek Tinga. Padahal, sejauh ini, kami selalu terbuka dan transparan dalam pengelolaan keuangan dana desa dan kami selaku BPD Desa Aek Tinga aktif memberikan saran dan kritikan atas kinerja pemerintahan di Desa Aek Tinga,” tegasnya.

Menurut Ali Usman, isi pemberitaan miring tersebut lebih kepada isi penulisan berita yang sifatnya emosional, tendensius dan sentimentil.

“Masak iya, persoalan Kades Aek Tinga katanya sakit diabetes dan hiruk pikuk bisnis pribadinya dipersoalkan tanpa adanya fakta dan bukti yang kuat langsung main tulis-tulis berita saja,” cetusnya.

Senada itu, Sekretaris Desa Aek Tinga, Muammar Khadafi menyatakan, akibat pemberitaan miring oleh dua media online terbitan pekanbaru dan terbitan Jakarta tersebut, banyak warga masyarakat Desa Aek Tinga yang resah dan menemui dirinya terkait pemberitaan miring yang diyakini oleh masyarakat setempat jauh dari kebenaran fakta yang sesungguhnya.

“Soal kekayaan Kepala Desa Aek Tinga, setahu saya, sebelum menjabat kepala desa pun, Pak Parmonangan memang sudah kaya dari hasil perkebunan kelapa sawit miliknya, saya tahu persis siapa sosok pribadi Pak Parmonangan karena saya lahir dan besar di Desa Aek Tinga,” ungkapnya.

Transparan dan Akuntable

Setahu Khadafi, sejak dirinya menjabat sebagai Sekretaris Desa Aek Tinga di tahun 2017 silam, seluruh pengelolaan keuangan dana desa yang bersumber dari ADD dan Dana, seluruhnya dikelola secara transparan, terbuka dan akuntabel, sejak mulai program di Musdes sampai pelaksanaan kegiatannya melibatkan dan memberdayakan seluruh elemen masyarakat desa.

Laman: 1 2 3

Berita Terkait