OJK Serahkan Nasib Penyehatan Bumiputera kepada Pengurus

Jumat, 17 Juni 2022 10:39
ist
Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

digtara.com – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sepenuhnya menyerahkan nasib Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera 1912 di masa mendatang kepada pengurus baru yang telah terbentuk. Meski begitu, regulator berpesan agar penyelesaian permasalahan ditempuh sesuai dengan ketentuan pada anggaran dasar (AD) perusahaan. OJK Penyehatan Bumiputera 

Dikutip dari beritasatu. com, Jumat (17/6/2022) Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso menyampaikan bahwa, penyelesaian permasalahan Bumiputera menjadi unik dengan konsep mutual yang diusung. Dalam hal ini, pemilik perusahaan adalah para pemegang polisnya sendiri.

“Pemegang polis kadang tidak paham bahwa mereka ini pemilik. Minta (tanggung jawab) klaim, padahal itu minta kepada diri sendiri. Okelah sekarang kepengurusannya dibetulkan dulu, sebelum kita meminta pertanggung jawaban kepada pengurus dan pemilik, yaitu Badan Perwakilan Anggota (BPA). Ini sudah mulai,” kata Wimboh baru baru ini.

Baca: Tak Digubris OJK, Korban AJB Bumiputera Mengadu ke Kejatisu, Minta Berantas Mafia Asuransi

Dia bilang, siapa pun tidak akan bisa menyelesaikan permasalahan Bumiputera dengan cepat jika jalan yang ditempuh tidak melalui anggaran dasar perusahaan. Namun kini penyelesaian ke arah sana sedang berlangsung, termasuk bagi para pengurus menentukan masa depan perusahaan.

“Apakah pengurus akan meng-absorb losses (menyerap kerugian)? Kita tahu ini memang bermasalah dan rugi. Kalau memang tidak bisa, mau diapain? Ya monggo. Apakah mau cari investor? ya silakan. Proses (penyelesaian dari OJK) ini dilakukan sama dengan lembaga keuangan lainnya,” ujar Wimboh.

Baca: Persoalan Tak Kunjung Selesai, Pempol AJB Bumiputera Ancam Pidanakan Pejabat OJK

Lebih lanjut, Wimboh mengungkapkan bahwa fenomena yang terjadi pada Bumiputera sejatinya tidak menimbulkan penurunan kepercayaan masyarakat. Sistem di industri perasuransian juga masih terjaga stabil seiring proses implementasi reformasi.

Laman: 1 2 3 4

Berita Terkait