Jumat, 29 Maret 2024

Ogah Disebut Pengalihan Isu, Bjorka Sentil Tito Karnavian dan Kapolri

- Senin, 12 September 2022 15:58 WIB
Ogah Disebut Pengalihan Isu, Bjorka Sentil Tito Karnavian dan Kapolri

digtara.com – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian dan Kapolri Listyo Sigit Prabowo mendapat giliran disentil hacker Bjorka. Hal itu terkait tudingan netizen yang menyebut kehadirannya untuk meredam kasus Fredy Sambo.

Baca Juga:

Nama Bjorka kembali menjadi trending topic di Twitter dan terus membongkar informasi aktual tentang kondisi yang terjadi di Indonesia. Sempat disuspended, akun Twitter milik Bjorka kembali dengan username baru yaitu @bjorxanism.

Awalnya banyak orang menuding kemunculan Bjorka merupakan masalah atas apa yang terjadi saat ini di Indonesia.

Seperti yang diketahui, salah satu kasus besar yang terjadi saat ini adalah kasus pembunuhan Brigadir J yang dilakukan oleh tersangka Ferdy Sambo.

Tetapi, ternyata kini giliran Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian dan Kapolri Listyo Sigit Prabowo yang disentil oleh hacker Bjorka.

Hacker Bjorka diketahui membocorkan data pribadi Mendagri Tito Karnavian dan Kapolri Listyo Sigit Prabowo.

Tak hanya itu, hacker Bjorka juga prihatin tentang kasus pembunuhan Brigadir J yang dilakukan oleh Ferdy Sambo kepada kedua petinggi tanah air itu.

“hi again everyone. let’s make a noise again today (halo semuanya. ayo ribut lagi hari ini),” tulisnya pada akun @bjorxanism, Senin (12/9/2022).

Niat Bjorka bukan isapan jempol belaka, dirinya kembali membocorkan data pribadi sejumlah penjabat pemerintahan Indonesia.

Adapun cuplikan data pribadi Mendagri Tito Karnavian dan Kapolri Listyo Sigit Prabowo diunggah melalui kanal Telegram milik.

Selain membocorkan data pribadi, Bjorka juga menyebut bahwa baik Tito Karnavian dan Listyo Sigit Prabowo memiliki keterkaitan dengan kasus Ferdy Sambo.

“if anyone thinks i’m here to divert the Sambo case i don’t even know who he is. but i will help to make @ListyoSigitP listen to your insistence (jika ada yang mengira saya di sini untuk mengalihkan kasus Sambo, saya bahkan tidak tahu siapa dia. tetapi saya akan membantu membuat @ListyoSigitP mendengarkan desakan Anda,” tulis Hacker Bjorka.

Bjorka menyebut bahwa Tito Karnavian perlu untuk menjawab berbagai pertanyaan tentang kasus Ferdy Sambo, mengingat mantan Kadiv Propam itu adalah mantan anak buahnya sewaktu di kepolisian dulu.

Seperti diketahui bahwa selama kasus Ferdy Sambo ini muncul, Tito Karnavian merupakan sosok yang minim bicara.

Sejumlah nama yang disentil antara lain seperti, Kapolri Listyo Sigit Prabowo, Mendagri Tito Karnavian, Luhut Binsar Pandjaitan, hingga Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Tak hanya itu, Bjorka bisa jadi akan semakin banyak membocorkan data pribadi para tokoh pemerintahan tanah air. Hingga berita ini dinaikkan belum ada konfirmasi resmi dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) maupun Polri.

Bjorka Jual Jutaan Data Pemilih KPU

Jutaan data pemilih di Komisi Pemilihan Umum diperjualbelikan di forum hacker treached.to kepada penawar tertinggi oleh hacker Bjorka. Hal itu diketahui melalui unggahan Bjorka di forum itu sejak tanggal 6 September 2022.

Hal ini kemudian mendapat perhatian serius dari Wakil Ketua Komisi II DPR RI Syamsurizal.

Ia mengingatkan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI untuk berhati-hati terhadap persoalan keamanan data agar tidak terjadi kebocoran data-data terkait Pemilu ke depannya.

“Bagaimana pihak Bawaslu mengantisipasi agar ini dan ke depan menimbulkan kepercayaan masyarakat kita yakin dengan segala macam teknologi, Bjorka tidak akan masuk, merubah dan melakukan hackering-nya ke dalam pendataan kita, khususnya data-data Pemilu,” kata Syamsurizal saat rapat dengar pendapat (RDP) bersama dengan KPU, Bawaslu, DKPP RI, dan Kemendagri, di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (12/9/2022).

Sementara itu, berdasarkan penelusuran tvonenews di forum hacker treached.to, Bjorka justru telah memperjualbelikan data 105 juta pemilih yang terdaftar di KPU. Hal itu nampak dari unggahan yang dibuatnya pada tanggal 6 September 2022 di forum itu.

Data pemilih KPU menjadi salah satu data yang dijual Bjorka. Sumber: tim tvonenews) Pada kesempatan itu, Syamsurizal juga mengungkapkan kekhawatiran-nya akan keberadaan kelompok peretas yang dapat merusak jalannya proses penyelenggaraan Pemilu, sebagaimana isu peretasan data surat menyurat milik Presiden RI Joko Widodo yang memenuhi berbagai media beberapa hari belakangan ini.

“Berita hari ini di harian-harian ibu kota dan nasional, kita baca persoalan data presiden sudah sedang dibongkar oleh kelompok Bjorka. Kita khawatir ini menjadi semacam alat yang membuat hasil penyelenggaraan Pemilu kita menjadi tercela,” ujarnya.

Selain itu, Syamsurizal mengatakan bahwa peretas Bjorka juga menyebut telah membongkar data Menteri BUMN Erick Thohir serta Menkominfo Johnny G. Plate. Isu peretasan serupa, ujarnya lagi, sempat mencuat pula pada Pemilu 2014 lalu, di mana muncul isu adanya 250 peretas asal Tiongkok yang mencemari Pemilu 2014. “Apakah itu hoaks atau benar, tapi ini sempat mencemari penyelenggara Pemilu kita,” ucapnya.

Oleh karenanya, ia mengingatkan agar isu-isu peretasan data tersebut dapat dijadikan pedoman dalam menyusun aturan-aturan terkait penyelenggaraan Pemilu, termasuk mengambil langkah antisipatif terkait pengamanan kebocoran data Pemilu oleh peretas.

“Aspek-aspek yang akan dirusak oleh mereka data pemilih dan mungkin juga hasil pemilihan, dan ini yang paling signifikan yang patut kita antisipasi. Mohon ini menjadi perhatian kita bersama,” ucapnya.

Anggota Komisi II DPR RI Mardani Ali Sera juga mengungkapkan kekhawatiran-nya terkait keberadaan peretas yang mengganggu proses Pemilu.

Menurutnya kasus peretas yang melakukan jual beli data mengancam proses kerja keras yang dilakukan partai politik dalam melakukan rekrutmen. Ia mengingatkan agar KPU RI mewaspadai keberadaan kelompok peretas yang kiranya dapat memainkan data terkait kepemiluan, bersamaan dengan kasus data ganda anggota partai politik peserta Pemilu yang menurutnya harus terus dikawal oleh KPU.

“Usul saya, teman-teman KPU bisa lebih intens melakukan komunikasi yang sifatnya proaktif dengan partai politik untuk membangun sistem kaderisasi yang baik,” ujarnya.

Sebelumnya, peretas yang mengaku sebagai “Bjorka” melalui grup Telegram mengklaim telah meretas surat menyurat milik Presiden RI Joko Widodo, termasuk surat dari Badan Intelijen Negara (BIN).

Klaim Bjorka itu disebarluaskan oleh sebuah akun Twitter “DarkTracer: DaekWeb Criminal Intelligence”, yang kemudian viral dan sempat menjadi salah satu topik pembahasan terpopuler di Twitter hingga Sabtu (10/9). (antara)

Ayo baca konten menarik lainnya dan follow kami di Google News
Editor
:
SHARE:
Tags
Berita Terkait
Tabrak Dump Truk, Mahasiswa Undana Kupang Meninggal di Tempat

Tabrak Dump Truk, Mahasiswa Undana Kupang Meninggal di Tempat

Daftar Harga Emas Pegadaian Rabu 20 September 2023, Antam dan UBS

Daftar Harga Emas Pegadaian Rabu 20 September 2023, Antam dan UBS

Kasat Lantas Polres Sikka Dilaporkan ke Propam, Ini Kasusnya

Kasat Lantas Polres Sikka Dilaporkan ke Propam, Ini Kasusnya

Mengenaskan! Jadi Korban Tabrak Lari, Mahasiswi di Kupang Meninggal Dunia

Mengenaskan! Jadi Korban Tabrak Lari, Mahasiswi di Kupang Meninggal Dunia

Dua Pelaku Pencurian dengan Kekerasan Diamankan Polres Sumba Timur

Dua Pelaku Pencurian dengan Kekerasan Diamankan Polres Sumba Timur

Kejati NTT Tahan Lima Tersangka Kasus Korupsi Persemaian Modern di Labuan Bajo

Kejati NTT Tahan Lima Tersangka Kasus Korupsi Persemaian Modern di Labuan Bajo

Komentar
Berita Terbaru