Membanggakan Sumut, Film parHEREK Masuk Nominasi FFI 2021

Senin, 11 Oktober 2021 13:57
ist
Membanggakan Sumut, Film parHEREK Masuk Nominasi FFI 2021

digtara.com – Film asal Sumatera Utara, parHEREK berhasil masuk nomine kategori Film Dokumenter Panjang Terbaik di Festival Film Indonesia (FFI) 2021.

Film ini disutradarai Onny Kresnawan dan diproduseri oleh Ria Novida Telaumbanua, dan diumumkan pada malam nominasi Piala Citra, Minggu (10/10).

Pengumuman dilakukan di Jakarta, dan disiarkan secara daring bersama Ketua Bidang Penjurian FFI, Garin Nugroho dan Ketua Komite FFI, Reza Rahadian serta sejumlah Duta FFI.

“Apresiasi tertinggi bagi insan perfilman di Indonesia tersebut cukup membanggakan sekaligus menjadi ‘daya kejut’ akan kerinduan panjang pada kejayaan perfilman masa silam di Sumatera Utara,” kata Onny Kresnawan kepada wartawan usai nonton bareng malam nominasi di Sekretariatan Asosiasi Dokumentaris Nusantara (ADN) Korda Medan, Jalan Jati 2 Medan.

Membanggakan Sumut, Film parHEREK Masuk Nominasi FFI 2021
ist

Baca: Lengkap! Ini Daftar Nominasi Festival Film Indonesia 2021

Betapa tidak, kata Onny, era tahun 60-an perfilman di Sumut yang sempat berjaya seakan “mati suri”.

Setelah film Turang yang diproduksi oleh PH lokal dan disutradarai Bactiar Siagian meraih penghargaan sebagai Film Terbaik (1960), tak ada lagi keterwakilan film dari Sumut yang berhasil menembus FFI.

Baca: Mirip Game, Film Resident Evil: Welcome to Raccoon City Siap Tayang

Berkat kebersamaan antara orang film, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dan Pemerintah Kota Medan, tahun 1983 di Medan berhasil diselenggarakan Festival Film Indonesia (FFI).

Untuk mendukung FFI, Sumatera Utara memproduksi tiga film bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, yaitu Film layar lebar Setulus Hatimu diproduksi Surya Indonesia Medan Film, Film Batas Impian (Sinar Film Medan/Pemprov Sumut) dan Film Butet (Mandala Film Medan/Pemprov Sumut).

Laman: 1 2

Berita Terkait