Lumbung Penanggulangan Bencana Kemensos RI di Langkat Resmi Dilaunching

Senin, 14 November 2022 21:41

Digtara.com – Pelaksana Harian (Plh) Bupati Langkat, H Amril S.Sos MAP menghadiri launching lumbung sosial penanggulangan bencana di Kecamatan Tanjungpura dan Besitang.

Dalam kegiatan ini H. Amril juga menyerahkan paket bantuan dari Kementrian Sosial Republik Indonesia dan 200 paket bantuan SKK Migas secara simbolis kepada Camat Tanjungpura, Nawawi SSTP dan Camat Besitang Irham Efendi SAg, di Kantor Camat Tanjupura, Kabupaten Langkat.

Lumbung sosial penanggulangan bencana merupakan inisiasi Kementrian Sosial yang dibentuk di Kecamatan Tanjungpura dan Besitang Kabupaten Langkat.

Edi Suwarna perwakilan Kemensos mengatakan tujuan dibentuknya lumbung sosial ini untuk menyimpan logistik dari Kementrian Sosial bagi para korban terdampak bencana alam agar memudahkan proses penyaluran bantuan.

“Lumbung sosial merupakan program dari Kemensos yang bertujuan untuk menyimpan logistik bantuan kepada daerah rawan bencana,” terangnya.

Bantuan yang diberikan Kemensos berupa 50 paket pakaian dewasa dan anak-anak, 400 Kg beras, 2 dus sarden isi 65 gram, 2 unit lampu LED 22 watt, Kabel listrik 50 meter, 1 unit pompa air, tandon air 1200 liter, genset, instalasi pipa, peralatan kesehatan P3K berserta obat-obatan, dan instalasi pipa.

Sementara bantuan dari Dinas Sosial Langkat untuk Tanjungpura  150 paket makanan siap saji, 50 paket makanan anak, sandang bayi, pembalut wanita, 25 lembar kasur, selimut, matras, dan sandang dewasa, 13 paket familiy kit, dan 12 paket kids ware.

Sedangkan untuk Besitang berupa 150 paket makanan siap saji, 50 paket makanan anak, sandang bayi, dan pembalut wanita, 25 lembar kasur, selimut, matras, dan sandang dewasa, 12 paket familiy kit, serta 13 paket kids ware.

Kemudian bantuan dari Satuan Kerja Khusus (SKK) Migas Sumbagut melalui program Industri Hulu Migas Tanggap Darurat Peduli Banjir di Langkat,  memberikan bantuan 828 paket sembako, susu bayi, dan perlengkapan bayi.

Plh Bupati Langkat Amril menginstruksikan kepada camat Tanjungpura dan Besitang agar bantuan segera disalurkan kepada warga terdampak bencana banjir yang ada di wilayahnya.

“Dengan adanya lumbung sosial dari Kemensos sangat membantu dalam percepatan penyaluran kepada warga terdampak banjir, bantuan ini harus segera disalurkan kepada mereka yang membutuhkan,” pungkasnya.

Ia juga menjelaskan kepada perwakilan Kemensos Edi Suwarna, bahwa di Kecamatan Tanjungpura dan Besitang, bencana banjir selain disebabkan curah hujan yang tinggi juga akibat kontur tanah yang rendah dibeberapa desa.

“Curah hujan yang tinggi serta kontur tanah yang rendah, sangat rentan bagi wilayah Tanjungpura dan Besitang tergenang banjir, diharapkan kepada warga agar siap sedia saat curah hujan tinggi di wilayahnya” ungkap Amril.

Terakhir Amril menyampaikan kepada BPBD dan Dinsos Langkat agar bersinergi untuk penanganan bencana alam yang ada di wilayah Langkat.

Turut hadir Kabag Umum Eka S. Depari, Kabag Porkopim Mahardika S. Nasution, Kadis Dishub Mulyono, Kadis Dinsos Taufik Rieza, Kalakhar BPBD Langkat Irwan Sahri, dan Kabid IKP Kominfo M Faisal mewakili Kadis Kominfo Langkat H Syahmadi.