Rabu, 17 April 2024

Komit Bangkitkan Semangat Ekonomi Msyarakat, LPER Asahan Dilantik

- Minggu, 13 Februari 2022 15:42 WIB
Komit Bangkitkan Semangat Ekonomi Msyarakat, LPER Asahan Dilantik

digtara.com – Sebagai wujud komitmen dalam membangkitkan ekonomi masyarakat, Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Rakyat (LPER) Asahan melaksanakan pelantikan.

Baca Juga:

Pelantikan yang dihadiri oleh Ketua LPER Sumatera Utara Ir. Ronald Naibaho, M.Si, Bupati Asahan yang diwakili Kabag Umum Ady Putra Parlaungan, SAP, MAP, Danlanal TBA yang diwakili Primkopal Letnan Candra, Dewan Penasehat Tengku Muhammad, S.STP yang sekaligus mewakili Kepala Cabang Dinas Pendidikan Asahan Provinsi Sumut, Dewan Pakar LPER Asahan Hadi Suriono, SE, MM , Kepala Sekolah Meiteya Wira, Ketua Kelompok Tani Hutan Makmur Paimun JB dan sejumlah OKP sejajaran dilaksanakan di Gedung Sekolah Meitreya Wira Jl. Pramuka Kisaran Minggu, 13 Februari 2022.

Kegiatan ini merupakan salah satu wujud komitmen LPER Sumatera Utarauntuk menggairahkan ekonomi masyarakat kembali. Apalagi dalam dua tahun terakhir, kondisi ekonomi, khususnya di kalangan pelaku UMKM, tengah lesu akibat dampak pandemi Covid-19. Diharapkan peran serta LPER ikut membantu pemerintah yang saat ini tengah berjuang menyelamatkan ekonomi nasional.

Ketua Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Rakyat (LPER) Kabupaten Asahan M. Indra Yudha Lexmana dalam sambutannya mengajak seluruh elemen masyarakat khususnya Pemerintah Daerah untuk sama-sama membantu masyarakat membangkitkan perekononian masyarakat di Asahan.

Indra megatakan berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Asahan sejak Pandemi Covid-19 mencatatkan angka pertambahan jumlah penduduk miskin sebesar 9,35% terhadap total jumlah penduduk, dan kondisi yang sama juga terjadi di daerah lain di Sumatera Utara, oleh karena itu LPER di Asahan hadir untuk mengajak bersama-sama pemerintah dan masyarakat mengatasi masalah itu.

Ketua LPER Sumut Ir. Ronald Naibaho, M.Si mengatakan, LPER, khususnya di Sumut harus bergerak aktif dengan melakukan kegiatan dan inovasi-inovasi yang bertujuan menggairahkan kembali iklim UMKM di Sumut di masa pandemi ini. Karenanya, kata Ronald, ia berharap LPER Asahan yang baru saja dilantik segera berbenah, baik secara administratif maupun merancang berbagai kegiatan.
“Paling mendasar, saya berharap kita tertib dulu dalam hal berorganisasi. Kemudian melakukan berbagai kegiatan. Kerjasama sangat diperlukan, baik kepada pemerintah, pelaku UMKM maupun dengan lembaga lain yang satu visi,” kata Ronald.

Acara pelantikan yang berlangsung khidmad itu ditandai dengan penyematan logo LPER oleh Ketua LPER Sumut Ir. Ronald Naibaho, M.Si kepada Ketua LPER Asahan M. Indra Yudha Lexmana dan dirangkai dengan pemberian piagam penghargaan dari LPER Sumut kepada KTH Makmur yang diterima oleh Ketuanya Paimun JB karena telah berkomitmen menjaga kelestarian mangrove dan sebagai pencetus lahirnya Ekowisata Mangrove di Kabupaten Asahan. KTH Makmur saat ini diberi kepercayaan oleh Pemerintah Pusat untuk mengelola 80 Hektar hutan Mangrove di Asahan. Hal itu sebagai bentuk keseriusan LPER untuk membantu bangkitnya perekonomian masyarakat pesisir, sebab daerah Silo Baru di Asahan mempunyai potensi ekonomi yang besar untuk dikelola dan dijadikan Kampung Wisata Bahari.

Terkait ekonomi di pesisir Asahan, Danlanal TBA yang di wakili Kepala Primkopal Letnan Candra sangat mendukung program-program LPER Asahan, terlebih bila program tersebut tekait wilayah pesisir sebab Kabupaten Asahan termasuk salah satu daerah yang langsung berhadapan dengan Selat Malaka yang sangat strategis.

Selain Danlanal, Kacabdis Pendidikan Kisaran Provinsi Sumut yang diwakili Tengku Muhammad, S.STP juga menyampaikan dukungan kepada LPER Asahan untuk mampu merangsang dan memunculkan ide-ide baru guna menggerakkan sektor perekonomian masyarakat, khususnya masyarakat kecil dan menengah.

Dan hal yang luar biasa Bupati Asahan yang diwakili oleh Kabag Umum Setdakab Asahan Ady Putra Parlaungan, SAP, M.AP menyambut baik dengan hadirnya LPER di Kabupaten Asahan dan siap untuk mendukung dan memfasilitasi program-program LPER di Asahan kedepannya.

Ayo baca konten menarik lainnya dan follow kami di Google News
Editor
:
SHARE:
Tags
Berita Terkait
Tabrak Dump Truk, Mahasiswa Undana Kupang Meninggal di Tempat

Tabrak Dump Truk, Mahasiswa Undana Kupang Meninggal di Tempat

Daftar Harga Emas Pegadaian Rabu 20 September 2023, Antam dan UBS

Daftar Harga Emas Pegadaian Rabu 20 September 2023, Antam dan UBS

Kasat Lantas Polres Sikka Dilaporkan ke Propam, Ini Kasusnya

Kasat Lantas Polres Sikka Dilaporkan ke Propam, Ini Kasusnya

Mengenaskan! Jadi Korban Tabrak Lari, Mahasiswi di Kupang Meninggal Dunia

Mengenaskan! Jadi Korban Tabrak Lari, Mahasiswi di Kupang Meninggal Dunia

Dua Pelaku Pencurian dengan Kekerasan Diamankan Polres Sumba Timur

Dua Pelaku Pencurian dengan Kekerasan Diamankan Polres Sumba Timur

Kejati NTT Tahan Lima Tersangka Kasus Korupsi Persemaian Modern di Labuan Bajo

Kejati NTT Tahan Lima Tersangka Kasus Korupsi Persemaian Modern di Labuan Bajo

Komentar
Berita Terbaru