Klaim Enkripsi Paling Aman, Beredar Dokumen Signal Berhasil Dibobol

  • Whatsapp
Klaim Enkripsi Paling Aman, Beredar Dokumen Signal Berhasil Dibobol
Signal (internet)

digtara.com – Aplikasi perpesanan Signal dikenal sebagai salah satu pesaing WhatsApp yang memiliki fitur privasi paling aman. Tapi, baru-baru ini muncul dokumen yang menyatakan bahwa Signal berhasil dibobol.

Kabar ini tentu membuat kepercayaan publik bahwa Signal adalah aplikasi paling aman, menjadi buyar.

Dokumen pengadilan mengungkap bahwa FBI kemungkinan memiliki tools untuk mengakses pesan di Signal, bahkan dalam keadaan ponsel terkunci.

Muat Lebih

Dilansir dari detik.com, Forbes pertama kali menemukan dokumen pengadilan tersebut dari kasus penyelundupan senjata di New York, Amerika Serikat.

Dokumen tersebut menunjukkan screenshot percakapan Signal antara dua orang tersangka yang diambil dari iPhone milik salah satu tersangka.

AFU Parsial

Ada juga beberapa metadata dalam screenshot tersebut yang mengindikasikan bahwa Signal tidak hanya didekripsi di ponsel, tapi proses ekstraksi dilakukan saat ponsel dalam keadaan ‘AFU parsial.’

Baca: Apa Saja Keunggulan Signal? Diklaim Lebih Unggul dari WhatsApp dan Telegram

“AFU adalah akronim dari ‘after first unlock’ yang berarti iPhone sedang terkunci, tapi pernah dibuka kuncinya sekali dan tidak pernah dimatikan. iPhone dalam kondisi ini lebih rawan untuk dibobol karena kunci enkripsi disimpan dalam memori,” begitu bunyi pernyataan tersebut, Jumat (12/2/2021).

Tapi jika polisi ingin mengakses pesan Signal pribadi di iPhone sangat bergantung pada tingkat kerentanannya. iPhone yang dibobol diduga merupakan iPhone 11 (tidak diketahui model Pro atau Max) atau iPhone SE (2020).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan