Ketua DPRD Sidimpuan Terima Aspirasi Mahasiswa

Senin, 11 April 2022 12:41

digtara.com – Aksi demo tolak isu jabatan presiden tiga periode, sekitar seribu mahasiswa dari Aliansi Mahasiswa Salak Berduri Tabagsel (Amisabi Tabagsel) petang tadi di Kantor DPRD Padangsidimpuan berlangsung damai, dalam aksi mahasiswa ini disambut langsung Ketua DPRD Padangsidimpuan, Siwan Siswanto bersama sejumlah anggota dewan lainnya.

Dari atas mobil komando Ketua DPRD Kota Padangsidimpuan Siwan Siswanto sahuti aspirasi atau tuntutan yang disampaikan para peserta aksi damai dari Aliansi Mahasiswa Salak Berduri Tabagsel (Amisabi Tabagsel) di depan Gedung DPRD Kota Padangsidimpuan, Senin (11/4/2022).

Ia berjanji akan menyampaikan tuntututan atau aspirasi para mahasiswa ke DPRD Provinsi Sumatera Utara hingga ke DPR RI, namun saat itu langsung ditanggapi perwakilan koordinator aksi dari Amisabi Tabagsel agar yang bersangkutan, Ketua DPRD bukan hanya berjanji kiranya harus membuat secara tertulis, dan langsung disambut massa dengan teriakan “Benar”.

Hingga berita ini dimuat Ketua DPRD Siswanto masih berada di dalam Gedung DPRD, sedangkan ribuan massa masih menunggu pernyataan sikap tertulis Ketua DPRD dengan damai dan kondusif di luar gedung untuk ditandatangani para anggota dewan tersebut. Adapun beberapa tuntutan dari aksi damai antara lain:

a. Turunkan serta stabilkan harga bahan pokok serta selesaikan permasalahan ketahanan pangan.

b. Usut dan tangkap para mafia dibalik langkan dan mahalnya harga minyak goreng serta mengevaluasi kinerja menteri.

c. Menolakan penundaan Pemilu 2024 dan wacana perpanjangan masa jabatan Presiden menjadi tiga periode karena dinilai melanggar konstitusi.

d. Menolakan pemindahan IKN dan meminta Joko Widodo agr mengkaji ulang UU IKN yg dinilai mengandung pasal-pasal bermasalah.

e. Menagih akan pemenuhan janji kampanye Joko Widodo dan Ma’ruf Amin di sisa masa jabatannya Untuk yang tergabung dari Aliansi Mahasiswa Salak Berduri Tabagsel Jilid III, merupakan gabungan dari perguruan tinggi dan organisasi mahasiswa yang ada di Kota Padangsidimpuan serta wilayah Tapanuli Bagian Selatan atau Tabagsel.