Ka Kwardasu Nurdin Lubis: Bumi Perkemahan Pramuka Sibolangit Kembali Mencatat Sejarah

Sabtu, 16 Juli 2022 21:59
Ka Kwardasu Nurdin Lubis: Bumi Perkemahan Pramuka Sibolangit Kembali Mencatat Sejarah

digatara.com – Bumi Perkemahan Pramuka Sibolangit kembali mencatat sejarah dalam menggelorakan Gerakan Pramuka. Pada tahun 1977 di bumi perkemahan ini dilaksanakan Jambore Nasional yang diikuti oleh Pramuka Penggalang seluruh Indonesia, dibuka oleh presiden kedua Republik Indonesia Jend Besar TNI (Purn) Soeharto.

“Pada hari ini Gerakan Pramuka Sumatera Utara kembali mengukir sejarah baru dengan dilaksanakan untuk pertama kali kemah bersama Majelis Pembimbing (MABI) dan Kwartir. Kemah bersama MABI dan Kwartir adalah ide, gagasan, dan arahan dari Gubernur Sumatera Utara selaku Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) kakak Letjen TNI (Purn) Edy Rahmayadi,” ujar Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sumut, H Nurdin Lubis SH MM, pada acara pembukaan Jambore Daerah dan Kemah MABI, Sabtu (16/7/2022) di Bumi Perkemahan Sibolangit.

Lebih istimewa lagi, lanjut Nurdin Lubis, perkemahan Majelis Pembimbing dan Kwartir dilaksanakan bersama dengan Jambore Daerah Gerakan Pramuka Sumut tahun 2022.

Disebutkan Nurdin, kegiatan yang berlangsung mulai 15-20 Juli ini pesertanya adalah Forkompida,sekretaris daerah, para asisten, Sah ahli Gubsu, Ka.OPD,Ka.RO,pimpinan instansi vertikal, rektor PTN/PTS, Direksi BUMN dan BUMD Provinsi Sumut, para bupati/walikota se Sumut, Saka dan Sako tingkat daerah dan gugusdharma saka Dirgantara.

Dalam kemah Mabi dan kwartir ini juga diikut sertakan peserta didik golongan Penegak Pandega yang berasal dari utusan Kwartir Cabang, Saka-Sako, Gugus Depan SMA Negeri 1 Medan, dan Pandega dari tiga PTN dan 7 PTS di Sumut.

Peserta Jambore Daerah adalah peserta didik golongan Penggalang utusan Kwartir Cabang se Sumut, dengan jumlah perserta dalam Kemsama dan Jambore sebanyak 3.668 orang.

Pada kesempatan itu Ka.Kwardasu menyampaikan rasa hormat dan terimakasih kepada Gubsu selaku Ketua Mabida melalui Surat Nomor 593/6442/2022, tanggal 14 Juni 2022 telah memberikan persetujuan pinjam pakai tanah dan bangunan milik Pemrovsu yang berlokasi di Jalan Jenderal Besar A.H. Nasution nomor 7 Medan, untuk dipergunakan sebagai kantor Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sumut.

“Dengan demikian Kwardasu telah memiliki fasilitas kantor yang refresentatif pada loksi yang strategis,” ujar Nurdin Lubis.

Diakhir kata sambutannya, Nurdin Lubis mengatakan, sesuai pesan dan harapan Gubsu menjadikan kemah bersama Mabi dan Jambore daerah sebagai momentum mengembalikan kejayaan Pramuka Sumut untuk melahirkan pimpinan masa depan bangsa yang kreatif,tangguh, dan bermartabat.

“Harapan kita agar kemah bersama MABI dapat dilakukan secara periodik dan berkesinambungan ,” ujar Nurdin Lubis.

Berita Terkait