Jenazah Eril Ditemukan, Ridwan Kamil: Tiba di Indonesia Minggu, Dimakamkan Senin

Kamis, 09 Juni 2022 22:10
instagram
Eril dan Ridwan Kamil

digtara.com – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memastikan jenazah putra sulungnya, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril akan tiba di Indonesia pada Sabtu (11/6/2022). Rencananya, mendiang Eril akan dimakamkan pada Minggu (12/6/2022) esok.

Hal tersebut disampaikan pria yang disapa Kang Emil tersebut melalui akun Instagram resminya @ridwankamil.

“Jenazah Eril insyaAllah akan kembali ke Tanah Air di hari Minggu dan dimakamkan di hari Senin,” cuit Emil.

Dalam kesempatan yang sama, Emil menyampaikan ucapan terima kasih kepada KBRI Swiss, pihak kepolisian dan Pemerintah Kota Bern yang sudah bekerja keras dalam melakukan pencarian jasad Eril.

Terpisah, Duta Besar RI untuk Swiss Muliaman Hadad menerangkan kalau pihak keluarga menerima jasad Eril usai pihak kepolisian setempat melakukan pemeriksaan forensik. Pemeriksaan forensik itu menunjukkan kecocokan pada hasil tes DNA.

“Pada Kamis 9 Juni 2022 siang waktu Swiss kepolisian sampikan konfirmasi hasil DNA, jasad yang ditemukan kemarin ananda Emmeril Kahn atau ananda Eril,” tutur Muliaman.

KBRI Bern akan terus mendampingi keluarga dalam persiapan dan proses pengurusan repatriasi Eril ke Indonesia.

“KBRI juga akan melakukan pengawalan dalam proses repatriasi hingga ananda Eril tiba di Indonesia,” ucapnya.

“Setiba di Jakarta nanti Direktorat Perlindungan Warga Negara Indonesia Kemenlu akan memfasilitasi kedatangan rombongan di Bandara Soekarno Hatta.”

Keluarga Sudah Ikhlas

Keluarga sudah mengikhlaskan atas hilangnya Emmeril Kahn Mumtadz (Eril) dengan menyatakan meninggal dunia. Eril hilang di Sungai Aare, Bern, Swiss pada Kamis (26/5/2022).

Meskipun sudah menyatakan ikhlas menerima kepergian putranya itu, Ridwan Kamil menegaskan kalau pencarian jasad Eril akan terus dilakukan sampai batas waktu yang tidak ditentukan.

Hal ini disampaikannya lewat cuitan di akun Twitternya @ridwankamil.

“Dengan ini kami secara resmi melepas dan mengikhlaskan sepenuh hati atas berpulangnya anak kami tercinta ananda Emmeril Kahn Mumtadz,” tulis Ridwan Kamil dalam unggahannya di Instagram, Jumat (3/6/2022) malam.

Ia juga meminta kepada masyarakat untuk memaafkan Eril bila bersalah selama hidupnya.

“Mohon dimaafkan, jika semasa hidupnya ada kekhilafan dan kesalahan,” lanjut Kang Emil, sapaan Ridwan Kamil.

Pihak keluarga belum bisa memastikan kapan mendiang Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril, putra dari Ridwan Kamil akan tiba di Indonesia usai ditemukan pada Rabu (8/6/2022). Kendati begitu, keluarga berharap jasad Eril bisa tiba di Indonesia pada Sabtu atau Minggu (12/6/2022) nanti.

Hal tersebut disampaikan oleh Elpi Nazmuzaman, adik dari Ridwan Kamil usai menerima kabar penemuan Eril pada Kamis (9/6/2022) pukul 06.50 waktu Swiss.

“Untuk waktu kami belum bisa memastikan kapan tiba di Indonesia tapi pada dasarnya kami akan lakukan secepat-cepatnya sejauh yang memungkinkan tergantung kondisi, situasi sumber daya yang mendukung,” kata Elpi dalam konferensi pers yang berlangsung secara virtual, Kamis.

“Harapan kami bisa tiba di Indonesia setidak-tidaknya Sabtu atau hari Ahad,” sambungnya.