Jalan Sepanjang 123 Kilometer di Pantai Barat Sumut Akan Diperbaiki

Senin, 28 Maret 2022 20:40
int
Salah satu ruas jalan di Padangsidimpuan yang rusak parah

digtara.com – Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprov Sumut) rencananya akan membenahi jalan sepanjang 123 kilometer di kawasan Pantai Barat yang terdiri dari 12 kabupaten kota.

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi mengatakan pengerjaan perbaikan jalan tersebut akan dimulai dalam waktu dekat. Sebab, saat ini sudah mulai masuk tahap akhir lelang atau tender.

Total anggarannya sekira Rp700 miliar.

“Paling lambat 1 Mei (mulai pekerjaan) itu paling lambat. Kita harapkan di April ini sudah selesai (tender), saat ini masuk tahap perhitungan dan tinggal klarifikasi,” ujarnya dalam acara Musrebang Zona Pantai Barat di Auditorium Universitas Aufa Rohyan, Jalan Raja Inal Siregar, Kota Padangsidempuan, Senin (28/3).

Edy mengatakan jalan provinsi di wilayah Pantai Barat rusak akibat banyak dilalui kendaraan bertonase tinggi. Ke depan dia ingin perbaikan jalan ini menyesuaikan dengan kendaraan yang melintas dan itu menurutnya telah dikoordinasikan dengan kepala daerah setempat.

“Kepada bapak bupati dan wali kota, kami sudah jumpa dan kami sudah koordinasikan.Yang pertama tonase kendaraan yang melalui jalan, tetapi tugas kita, jalan juga harus sesuai nanti ke depan kita evaluasi,” jelasnya.

Perbaikan infrastruktur diakui eks Pangkostrad akan sangat membantu masyarakat dan dapat menggerakkan perekonomian. Pasalnya, jalan rusak membuat biaya logistik atau pengiriman hasil pertanian menjadi lebih tinggi.

Adapun wilayah Panti Barat Provinsi Sumut meliputi 12 kabupaten kota yakni Kabupaten Nias, Kabupaten Nias Selatan, Kabupaten Nias Barat, Kabupaten Nias Utara, Kota Gunung Sitoli, Kabupaten Tapanuli Tengah, Kota Sibolga, Kabupaten Mandailing Natal, Kabupaten Tapanuli Selatan, Kota Padang Sidempuan, Kabupaten Padang Lawas, Kabupaten Padang Lawas Utara. (antara)

Berita Terkait