Ini Dia Sosok Sekda Tapsel yang Sukses Bawa WTP Dua Periode Berturut-Turut

Jumat, 03 Juni 2022 19:19
ist
Sekda Kabupaten Tapanuli Selatan Parulian Nasution

digtara.com – Kabupaten Tapanuli Selatan akhirnya meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) selama dua periode pemerintahan berturut-turut.

Predikat ini merupakan predikat yang sangat diinginkan oleh para kepala daerah di seluruh Indonesia. Namun predikat ini tak bisa dilepaskan dari kerja Sekretaris daerah yang merupakan Koordinator Pejabat Pengelola Keuangan Daerah.

“Sekda itu memiliki tanggung jawab yang sangat besar untuk menciptakan pengelolaan keuangan daerah. Saya juga menerapkan dan menanamkan prinsip taat aturan, taat azas, taat waktu dan tepat sasaran. Prinsip ini saya tanamkan kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sebagai pengguna anggaran,” jelas Parulian Nasution, Sekda Kabupaten Tapanuli Selatan kepada wartawan, Sabtu (3/6/2022).

Mantan Kepala Dinas Pendidikan dan Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Madina ini menjelaskan, saat ini Pemkab Tapsel menerapkan sistem manajemen pembayaran, ‘No Cash Go Digital’.

Di mana seluruh pembayaran tercatat secara digital dan online melalui aplikasi. Sehingga Sekda sebagai penanggung jawab anggaran ini bisa dengan mudah mengontrol alur kas.

Dia juga menyebut saat ini Pemkab Tapsel menerapkan sistem Cash Management System yang menyebabkan Pemkab Tapsel tidak lagi memiliki cek atas Bank atau dengan kata lain pembayaran langsung dari Bendahara Pemkab Tapsel.

“Dengan aplikasi ini tercatat semua. Memudahkan saya, untuk memonitor alur kas yang sesuai dengan pengajuan dan pembayaran. Sehingga setiap pengajuan GU (ganti uang.red) yang diajukan oleh setiap OPD dapat dengan mudah kita kontrol bersama dan sesuai dengan alur kas yang seharusnya,” jelasnya.

Parulian menambahkan, dengan predikat WTP ini, Pemkab Tapsel mendapatkan Dana Insentif Daerah, yang dapat digunakan untuk mempercepat berbagai pembangunan di Tapsel. Bahkan, Parulian juga mengatakan, penggunaan aplikasi online ini juga sudah diterapkan Pemkab Tapsel dalam pengelolaan Dana Desa di hampir seluruh desa di Tapsel.

“Pencatatan secara online ini juga sudah kita terapkan dalam pengelolaan dana desa. Sehingga kita bisa kontrol dan akhirnya kita mendapatkan predikat Pengelolaan Dana Desa terbaik di Sumut tahun ini,”tegas Sekda Tapsel sejak tahun 2018 ini.

Laman: 1 2