Ini Alasan Perusahaan Asuransi Belum Mau Jamin Pembelian Mobil Listrik

  • Whatsapp
Toyota Siap Produksi Mobil Listrik di Indonesia
(Mobil Listrik (ilustrasi/net))

digtara.com | MEDAN – Sejumlah perusahaan asuransi hingga kini belum mau menerima asuransi untuk pembelian mobil listrik. Padahal biasanya, setiap mobil yang dibeli secara kredit, akan dilindungi oleh jaminan asuransi guna mengantisipasi keluarnya biaya dari pemilik mobil jika terjadi musibah terhadap mobil tersebut

Menurut Direktur Pemasaran Bisnis Ritel PT Asuransi Astra, Gunawan Salim, mereka belum bisa menerima asuransi untuk mobil listrik karena belum mengetahui komponen mobil listrik secara keseluruhan.

“Untuk mobil listrik, studi sedang kami lakukan. Komponen mobil listrik itu yang kami belum tahu. Jadi belum bisa (dijamin)” ujarnya seperti dilansir VIVA, Selasa (20/8/2019).

Muat Lebih

Selain itu, kata Gunawan, harga komponen menjadi salah satu faktor yang membuat perusahaannya belum bisa menjamin kendaraan listrik. Mereka butuh studi lebih jauh mengenai hal itu.

“Mobil listrik dan motor listrik itu kan baterainya gila harganya. Studinya sudah sampai ke arah situ juga, tapi kami baru fokus di motor saja,” tuturnya

Belum adanya wujud fisik dari kendaraan bebas emisi itu, juga menjadi hambatan Asuransi Astra untuk bisa melakukan penjaminan.

“Kalau motor, itu fisiknya sudah ada. Saya juga sudah tahu, bentuknya seperti apa. Kalau sudah ada gambaran, jadinya saya juga bisa hitung-hitungan, ketemu kira-kira harganya sekian. Tapi, kalau mobil belum kelihatan fisiknya,” ungkapnya.

[AS]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan