Kamis, 28 Maret 2024

HBH Ikapada Meriah, Dukungan Pembentukan Provinsi Sumatera Tenggara Mencuat

- Rabu, 01 Juni 2022 14:10 WIB
HBH Ikapada Meriah, Dukungan Pembentukan Provinsi Sumatera Tenggara Mencuat

digtara.com – Ikatan Alumni Pelajar Padang Sidimpuan (Ikapada) menggelar Halal Bi Halal (HBH) di Jakarta, Rabu (1/6/2022).

Baca Juga:

Acara itu dihadiri Wali Kota Padangsidimpuan Irsan Nasution, SH dan Bupati Tapanuli Selatan Doli Pasaribu.

Hadir pula tokoh-tokoh asal Tabagsel di Jabodetabek, diantaranya Prof Bomer Pasaribu, M Yusuf Siregar (Presiden Siregar Dunia), Mayjen (Purn TNI) Drs Dahler Hasibuan, dan Drs H Marahasian Harahap, tokoh adat Angkola di Jabodetabek.

Acara ini juga dihadiri Wakil Ketua DPRD Kota Padangsidimpuan Rusydi Nasution dan Erwin Nasution. Walikota Padangsidimpuan didampingi Kadisnaker Rizman K Harahap dan Kakan Kesbangpol Timbul Halomoan.

Ratusan anggota Ikapada dan perantau asal Padangsidimpuan dan Tabagsel dari penjuru Jabodetabek, gembira dan antusias menyambut HBH Ikapada ini.

Yang pertama kalinya dilaksanakan secara tatap muka, setelah vacum beberapa tahun akibat Pandemi Covid-19.

Ketua Umum Ikapada Ongku Parmonangan Hasibuan (OPH),
yang juga Bupati Tapsel periode 2005 – 2010 menyampaikan, Ikapada sebagai organisasi yang beranggotakan keluarga alumni pelajar Padangsidimpuan, harus memberi sumbangsih bagi kesejahteraan warga kota asal Padangsidimpuan dan anggotanya.

“Di masa pandemi Covid 19, Ikapada telah hadir memberi sumbangan alat kesehatan kepada warga Padangsidimpuan di awal merebaknya Covid-19. Setiap bulan mengadakan Jumat Berkah berupa pembagian sembako setiap bulannya kepada warga Padangsidimpuan, Tapsel dan perantau di Jabodetabek,” tutur Ongku.

Jumat Berkah ini, jelasnya, digawangi Bidang Sosial dan Kerohanian Hj. Ummy Kalsum Siregar dan Sarintan Siregar, dibantu tim di Padangsidimpuan, sangat disambut baik dan telah membantu oleh mereka yang terdampak pandemi Covid 19.

Percepatan Pembentukan Sumatera Tengah

Dalam sambutannya OPH, juga mendukung dan mendorong percepatan pembentukan Provinsi Sumatera Tenggara yang terdiri dari 5 Pemkab dan Pemko hasil pemekaran Kabupaten Induk Tapanuli Selatan yang luas dan sumber daya alamnya sangat kaya.

Pencanangan tersebut dilakukan beberapa tahun lalu, dan sempat terhenti akibat kebijakan moratorium oleh Pemerintah.

Akhir-akhir ini, usul pemekaran Provinsi Sumatera Tenggara kembali mengemuka dan sangat dibutuhkan, utamanya dengan menjelmanya Tabagsel ini sebagai lumbung energi nasional.

“Pemekaran ini sangat dinantikan masyarakat, sehingga perlu diwujudkan dalam masa Pemerintahan Pak Jokowi ini, ” terangnya.

Dalam sambutannya, Walikota Padangsidimpuan, Irsan Nasution mengharapkan Ikapada tetap dapat
memberi sumbangsih untuk Kota Padangsidimpuan dalam berbagai sektor. Ia berterima kasih atas sumbangan dan kepedulian untuk warganya yang telah diwujudkan BPP Ikapada di bawah kepemimpinan OPH.

Di kesempatan lain, ia merasa gembira atas munculnya beberapa tokoh Ikapada yang akan mencalonkan diri sebagai Walikota Padangsidimpuan.

Irsan mengajak calon-calon tersebut untuk terjun ke masyarakat menawarkan program unggulannya masing-masing.

Doli Pasaribu, Bupati Tapanuli Selatan dalam sambutannya sangat surprise diundang menghadiri HBH Ikapada, meskipun sesungguhnya bukan alumni Padangsidimpuan.

Ia berharap Ikapada semakin maju dan terus berkiprah untuk
kemajuan Padangsidimpuan dan juga Kabupaten Tapanuli Selatan dan Tabagsel umumnya.

Tidak kalah, Rusydi Nasution, Wakil Ketua DPRD Kota Padangsidimpuan mengharap Ikapada dapat membantu mahasiswa yang akan melanjutkan studi di perguruan tinggi di Jawa (ITB, IPB, UNPAD, dll). Termasuk memfasilitasi kerjasama Kota Padangsidimpuan dengan beragam perguruan tinggi unggulan di Indonesia.

Pada HBH Ikapada ini, Badan Pengurus Pusat (BPP Ikapada) “mangulosi” Wali Kota Padangsidimpuan dan Bupati Tapanuli Selatan sebagai penghormatan dan rasa terima kasih atas kehadiran mereka di acara tersebut.

Acara HBH ini dirayakan dengan Tortor Raja Raja dan Tortor Inatta Soripada, juga tortor kreasi naposo nauli bulung oleh mahasiswa mahasiswi asal Tabagsel di Jabodetabek.

Akhirnya tebaran doorprize dari Panitia HBH Ikapada membuat hadirin sumringah dan bahagia ikut manortor, marjoget, dan marende (nyanyi) di acara yang dikemas apik oleh barisan muda Ikapada.

Warga berharap berjumpa kembali di HBH yang akan datang.

Ayo baca konten menarik lainnya dan follow kami di Google News
Editor
:
SHARE:
Tags
Berita Terkait
Tabrak Dump Truk, Mahasiswa Undana Kupang Meninggal di Tempat

Tabrak Dump Truk, Mahasiswa Undana Kupang Meninggal di Tempat

Daftar Harga Emas Pegadaian Rabu 20 September 2023, Antam dan UBS

Daftar Harga Emas Pegadaian Rabu 20 September 2023, Antam dan UBS

Kasat Lantas Polres Sikka Dilaporkan ke Propam, Ini Kasusnya

Kasat Lantas Polres Sikka Dilaporkan ke Propam, Ini Kasusnya

Mengenaskan! Jadi Korban Tabrak Lari, Mahasiswi di Kupang Meninggal Dunia

Mengenaskan! Jadi Korban Tabrak Lari, Mahasiswi di Kupang Meninggal Dunia

Dua Pelaku Pencurian dengan Kekerasan Diamankan Polres Sumba Timur

Dua Pelaku Pencurian dengan Kekerasan Diamankan Polres Sumba Timur

Kejati NTT Tahan Lima Tersangka Kasus Korupsi Persemaian Modern di Labuan Bajo

Kejati NTT Tahan Lima Tersangka Kasus Korupsi Persemaian Modern di Labuan Bajo

Komentar
Berita Terbaru