Gaya Bercinta yang Aman Bagi Pasien Jantung

Rabu, 25 Mei 2022 23:23

digtara.com – Pasien penyakit jantung biasanya harus membatasi aktivitas fisik yang bisa memicu tenaga. Oleh sebab itu, pasien penyakit jantung perlu gaya bercinta yang aman.

Melansir suara.com, orang yang memiliki riwayat penyakit jantung dianjurkan tidak melakukan aktivitas seksual secara sembrono, apalagi menggunakan obat pemacu gairah.

Selain itu, ada gaya yang dianjurkan.

Menurut dokter spesialis urologi dr. Widi Atmoko, Sp.U(K)., aman atau tidaknya pasien jantung melakukan hubungan seksual tergantung dari kondisi jantung saat itu.

Sebab, berhubungan seksual bagi pasien jantung ibarat olahraga ringan, seperti jalan santai atau naik tangga setinggi 2-3 lantai.

“Harus melihat golongannya seperti apa, karena bisa kita analogikan bahwa aktivitas seksual itu seperti sedang naik tangga mungkin 2-3 lantai. Kalau memang kuat, sebetulnya masih aman. Tapi kalau tidak kuat lalu dia masuk ke golongan ratifikasi yang sedang atau berat, konsultasikan dulu ke dokter,” papar dokter Widi dalam webinar Eka Hospital, Rabu (25/5/2022).

Terkait posisi saat bercinta, dokter Widi mengingatkan untuk memilih posisi yang tidak memberatkan napas.

Ia menyarankan untuk posisi setengah berbaring atau pun tegak.

“Lebih nyaman pada posisi tegak atau setengah berbaring itu untuk mengatasi secara mudah. Karena kalau di bawah mungkin tertindih, sehingga jadi sulit bernapas,” ujarnya.

Laman: 1 2