Diduga Ada Kecurangan, Sejumlah Cakades dan Pendukung Datangi DPRD Kabupaten Langkat

Kamis, 12 Mei 2022 18:24

digtara.com – Jelang Pemilihan Kepala Desa Kabupaten Langkat pada 19 Juni 2022 mendatang, sejumlah permasalahan mulai bermunculan.

Sejumlah problem inipun sempat dilakukan pembahasan dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) di gedung Dewan Perwakilan Raykat Daerah (DPRD) Langkat, Kamis (12/5/22).

Munculnya permasalahan berawal dari pengaduan sejumlah Bakal Calon Kades yakni Rita Hariani dan Muhammad Rabial Efendi di Desa Halaban, Kecamatan Besitang. Bacalon mendatangi gedung DPRD didukung oleh puluhan simpatisan mereka.

Salah satu yang jadi permasalahan adalah dugaan kecurangan yang dilakukan oleh panitia Pilkades di wilayah mereka.

Dimana kandidat yang mengikuti seleksi di Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) pengumuman hasil tes pemenang sudah beredar luas di tengah masyarakat sebelum waktu yang ditentukan.

Kemudian Ijazah bakal calon yang menggunakan paket B dan paket C , bisa mengalahkan calon kandidat lain dari akademisi, pada ujian tertulis dan wawancara yang digelar beberapa waktu lalu di tingkat Kabupaten.

Anehnya lagi, perolehan calon kades yang memiliki ijazah dari paket B dan Paket C nilai ujian lebih tinggi saat mengikuti uji wawancara dan uji tulis.

Inipun menjadi pertanyaan masyarakat khususnya simpatisan dan menimbulkan kecurigaan. Belum lagi domisili alamat kandidat hanya baru beberapa bulan saja beralamat didesa mereka sudah bisa menjadi kandidat Cakades di desa mereka.

Menyikapi permasalahan itu, Kepala Bidang (Kabid) PMD Langkat Selfian Ardy yang hadir dalam rapat tersebut mengakui, jika penilaian dan hasil tes dilakukan dari pihak Universitas Sumatera Utara (USU) sehingga mereka tidak mencampuri masalah penilaian yang diujikan.

“Terkait domisili, hal ini sudah tidak menjadi permasalahan. Karena sudah diatur oleh Permendagri nomor 65 tentang domisili. Calon boleh mendaftarkan diri sesuai dengan lokasi pemilihan meski baru tinggal 2 bulan, di desa tersebut” terang dia.

Disisi lain, Wakil Ketua DPRD Wakil Ketua DPRD DR Donny Setha, S.T, S.H, M.H didampingi anggota DPRD Kabupaten Langkat dari partai Perindo Safi’i mengakui, memang ada permasalahan yang terjadi.

Laman: 1 2

Berita Terkait