Cawabup Nomor Urut 1 Tak Hadir Debat Kandidat Pilkada Sergai

Cawabup Nomor Urut 1 Tak Hadir Debat Kandidat Pilkada Sergai
Debat kandidat Pilkada Sergai tidak dihadiri cawabup nomor urut 1. (Istimewa)

digtara.com – Calon Wakil Bupati (Cawabup) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) Nomor Urur 1, Adlin Umar Yusri Tambunan, tak hadir dalam debat kandidat Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sergai yang digelar Komisi Pemilihan Umum di Hotel Grand Mercure, Medan, Sabtu (14/11/2020).

Akibatnya, Calon Bupati Sergai Nomor Urut 1, Darma Wijaya harus seorang diri menghadapi pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Sergai Nomor Urut 2, Soekirman-Tengku Rendy.

Adlin dikabarkan tidak hadir lantaran kondisi kesehatannya yang kurang baik. Beredar rumor, putra dari Bupati Kabupaten Deli Serdang, Azhari Tambunan itu, terjangkit Covid-19.

Muat Lebih

Ketidakhadiran Adlin itu sudah diketahui sejak awal oleh KPU Sergai. Ketua KPU Kabupaten Sergai, Erdian Wirajaya mengatakan, pihaknya sebagai fasilitator pilkada sebelumnya sudah mendapatkan kabar terkait ketidakhadiran Adlin.

BACA JUGA: Pemungutan dan Penghitungan Suara Pilkada Sergai 2020 Disimulasi

“Sebelumnya sudah dikabari bahwasanya tidak dapat hadir dan memang itu informasi yang diberikan kepada kita. Nah untuk masalah kenapa dia tidak datang tentu bisa ditanyakan langsung kepada timnya,” ujar Erdian.

Terkait ketidakhadiran Adlin, Erdian enggan membeberkan alasannya secara detail. Ia berdalih, KPU hanya sebagai fasilitator untuk debat.

“Kita hanya menyediakan debar. Nah untuk paslon, ini fasilitas yang disediakan oleh negara kepada mereka. Terserah mereka datang atau tidak datang. Ini sebagian dari APK dan BK yang kita sediakan, sama seperti spanduk dan baliho yang dibiayai oleh negara,” ujarnya.

Erdian mengatakan, tidak dimanfaatkannya fasilitas yang sudah disediakan tersebut tentunya akan merugikan calon sendiri. Ia mengatakan, jadwal KPU tidak terpengaruh oleh calon dan tetap berjalan.

BACA JUGA: Massa Pendukung Paslon Berontak Hasil Suara Pilkada Sergai

“Kalau jadwal KPU itu tidak terpengaruh oleh calon, tetapi itu mempengaruhi tentunya urusan elektabilitas mereka dan lain-lain. Ini kan bagian dari upaya meningkatkan elektabilitas,” katanya.

 

SEDANG ISTIRAHAT

Sementara itu, pasangan Adlin, Darma Wijaya mengungkapkan kondisi Adlin sedang dalam keadaan istirahat.

“Dia masih dalam keadaan istirahat,” kata

Ditanya mengenai kondisi Adlin positif covid-19 atau tidak, Darma tidak dapat memastikannya. Ia pun mengaku kondisi mereka saat ini memang tidak fit.

“Belum tau juga. Saya pun diswab juga tapi saya enggak covid. Kami swab semua cuma memang lagi kurang enak badan. Lagi kurang fit lah,” katanya.

[AS]

 

 

Saksikan video-video terbaru lainnya hanya di Channel Youtube Digtara TV. Jangan lupa, like comment and Subscribe.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

1 Komentar