Bulan Muharram, Keutamaan dan Kemuliaan bagi Umat Islam dan Para Nabi

Kamis, 28 Juli 2022 21:26
int
Kumpulan Ucapan Selamat Tahun Baru Muharram 1443 H untuk Dikirim Lewat WhatsApp

digtara.com – Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444 H akan jatuh pada 30 Juli 2022. Umat Islam pun bersiap-siap menyambut bulan yang penuh kemuliaan dan keutamaan.

Sebab, Bulan Muharram merupakan bulan yang mulia dengan beberapa keutamaan dan kemuliaan di dalamnya.

Berikut ini keutamaan dan kemuliaan Bulan Muharram:

1. Berpuasa di Bulan Muharram

Dari Abu Huraira, Rasullullah SAW bersabda: “Sebaik-baik puasa setelah Ramadhan adalah puasa di bulan Allah, bulan Muharram”, (HR Muslim). Oleh karena itu, puasa di bulan Muharram menjadi keutamaan bulan Muharram.

Puasa ini dilaksanakan pada 9 dan 10 Muharram. Puasa ini menggugurkan dosa setahun lalu bagi yang bersungguh-sungguh dalam menunaikannya.

Rasulullah bersabda: “Dan puasa di hari ‘Asyura saya berharap kepada Allah agar dapat menghapuskan (dosa) setahun yang lalu.” (HR Muslim).

2. Pahala Dilipatgandakan

Bulan Muharram dianggap sebagai momen pelipatgandaan amalan. Hal ini didasari adanya hadis Riwayat Bukhari dan Muslim:

“Maka sesungguhnya darah, harta, dan kehormatan kalian semua haram (mulia) atas kalian seperti mulianya hari ini, di negeri ini, dan di bulan ini. Dan sesungguhnya kalian akan menghadap Tuhanmu sekalian dan Dia akan bertanya kepada kalian tentang amal perbuatkan kalian,” (HR Bukhari dan Muslim).

3. Adanya Hari Asyura

Pada Hari Asyura ini biasanya umat Islam akan melakukan penghormatan berupa puasa sunnah. Ini sebagai bentuk penghormatan atas keenangan oleh Allah SWT kepada Nabi Musa. Hal ini sesuai dengan HR Muslim:

Laman: 1 2

Berita Terkait