Atensi Khusus Kapolda Sumut pada Kasus Korban Begal Jadi Tersangka, Pertemukan Dua Keluarga

Selasa, 04 Januari 2022 08:06
rezky
Kapolda sumut Irjen panca putra berserta kedua keluarga ketika selesai bertemu di Gedung Dirkrimum Polda Sumut

Panca mengatakan bahwa penyidik tidak bisa bekerja secara semena-mena karena ada aturannya dalam undang-undang Nomor 81.

“Setiap langkah dan tindakan yang dilakukan oleh penyidik itu akan diuji sebagai salah satu kontrol dari mekanisme sistem criminal justice sistem peradilan pidana yang menjadi dasar proses penyidikan ini,” ucapnya.

“Sehingga kita tidak bisa berpendapat dan kita tidak bisa melakukan tindakan penyidik tidak bisa melakukan penindakan yang semena-mena,” lanjut Kapolda Sumut.

Panca mengatakan, setiap langkah dan tindakan penyidik harus dipertanggung jawabkan karena sesuai dengan pasal 77 dan 78.

“Maka langkah penyidik yang melakukan baik penangkapan, penahanan, penghentian penyidikan yang diduga tidak sah maka akan dapat diuji melalui praperadilan, dan itu harus dipertanggungjawabkan penyidik,” ucap Panca

Panca mengatakan bahwa proses penyidikan yang dilakukan tidak hanya berbicara kepastian hukum tetapi azas kemanfaatan dan keadilan bagi semua pihak.

” Oleh sebab itu langkah yang saya sudah sampaikan tadi kepada para penyidik adalah menarik perkara ini ke Polda untuk ditangani dan menghindari polemik polemik yang terjadi,” pungkasnya.

Kapolda Sumut juga berharap kepada masyarakat bisa mempercayai kasus tersebut ke Dirkrimum Polda Sumut. Sehingga proses penegakan dapat memenuhi rasa keadilan dari semua pihak baik itu yang merasa keluarganya menjadi korban maupun dari pihak yang melakukan kejadian tersebut.

“Nanti kita akan diuji di pengadilan namun saya juga memberikan kesempatan dan ruang kepada kedua belah pihak untuk mencari solusi alternatif penyelesaian perkara ini tidak hanya mengutamakan pendekatan pendekatan hukum semata,” ucapnya lagi.

Diakhir Panca mengatakan memohon dukungan masyarakat dan percayakan sepenuhnya penanganannya kepada pihak kepolisian khususnya Direktorat kriminal umum Polda Sumut

“Sekali lagi saya juga mengucapkan turut berbelasungkawa, serta prihatin kepada apa yang terjadi dan dialami oleh kedua belah pihak,” tutup Kapolda sumut.

 

Laman: 1 2

Berita Terkait