Salut! Azan Berkumandang, Ratusan Napi Lapas Sidimpuan Berbondong-bondong Salat Berjamaah di Masjid

Kamis, 06 Januari 2022 14:57

digtara.com – Ketika panggilan azan berkumandang di Lapas Salambue Padangsidimpuan, ratusan tahanan akan berbondong-bondong menuju Masjid Al-Ikhlas yang berada di dalam lapas.

Pemandangan tersebut sudah menjadi rutinitas dan bagian penting bagi pembinaan penghuni Lapas tersebut.

Pantauan digtara.com di dalam lapas pada Kamis (6/1/2022), tampak ratusan warga binaan tersebut melaksanakan Salat Zuhur berjamaah hingga ke pelataran masjid.

Warga binaan di Lapas tersebut saat ini berjumlah 883 orang.

Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Padangsidimpuan, Indra Kesuma, A.Md, menyebutkan bahwa pembinaan kepribadian di dalam lapas adalah utama.

“Proses pembinaan warga binaan lapas dengan cara berkaitan langsung dengan keagamaan dan spritual warga binaan merualman pembinaan kesadaran terhadap agama dan keeprcayaan masing-masing agar warga binaan sadar akan kesalahannya” Kata Kalapas Kelas IIB Padangsidimpuan, Indra Kesuma, A.Md.

Selain itu, warga binaan dari agama yang diakui pemerintah akan diberikan fasilitas beribadah.

“Pada dasarnya kita menekankan pemberian hak beragama dan melaksanakan kewajiban masing-masing termasuk semua agama. Selain itu apabila warga binaan berkelakukan baik dan rajin melaksanakan ibadah tentu akan mendapat keringanan hukum atau remisi dan itu kita pantau terus, ” ucap Kalapas.

 

Berita Terkait